Aplikasi Murabahah dengan sistem Akad Wakalah di bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bhakti Sumekar Sumenep dalam perspektif Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia nomor 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang murabahah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ludhin, Hopi (2012) Aplikasi Murabahah dengan sistem Akad Wakalah di bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bhakti Sumekar Sumenep dalam perspektif Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia nomor 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang murabahah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
sekripsi.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img] Text
Cover.pdf

Download (582kB)

Abstract

Data penelitian dihimpun melalui penelitian lapangan dan kajian tex (lex reading) dan selanjutnya dian lisis dengan teknik deskriptif analisis dengan pola fikir induktif. Aplikasi muribahah dengan sistem akad wakalah yang diterapkan di BPRS Bhakti Sumekar Sumenep yakni dua transaksi jual beli dalam satu transaksi jual beli yaitu pelaksanaan akad muribahah yang digabung dengan akad wakalah, yang dalam hal ini Imam Syafi 'I menyebutnya bay,atain fi baFah dan jual bell seperti ini dilarang oleh agama. Nasabah bertindak sebagai pemohon pembiayaan sekaligus sebagai penerima kuasa dari bank. Akad mwibahah di BPRS Bhakti Sumekar Sumenep dilakukan ketika barang belum secara prinsip menjadi milik bank sedangkan bank memberikan kuasa pada nasabah untuk melakukan pembelian barang. Hal ini dalam Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia Nomor 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang muribahah dan dalam Fikih Islam tidak diperbolehkan, karena syarat sahnya muribahah salah satunya adalah harus mengetahui harga pertama (pembelian barang). Dan jika barang belum secara prlllsip menjadi milik bank, maka secara otomatis nasabah tidak bisa mengetahui harga pertama barang. Dengan demikian, hasil penelitian ini menyatakan bahwa permasalahan­ permasalahan serta aplikasi muribahah dengan sistem akad wakalah yang ada di BPRS Bhakti Sumekar Sumenep tersebut dianggap tidak sejalan dengan ketentuan yang tercantum dalam Fatwa Dewan Sya,riah Nasional Majelis Ulama Indonesia Nomor 04/DSN-MUI/IV /2000 tentang muribahah. Oleh karena itu, dianjurkan kepada pihak bank untuk terus mengintensifkan sosialisasi berbagai bentuk perundang-undangan dan juga fatwa serta mengembangkan produk-produknya yang berprinsip syari'ah. Selain itu BPRS hendaknya senantiasa mengedepankan pelayanan terbaik kepada nasabahnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ludhin, HopiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Keywords: Murabahah; Akad wakalah;
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2012
Last Modified: 25 Feb 2019 06:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10086

Actions (login required)

View Item View Item