Terapi Eksistensial Humanistik dalam mengatasi siswa putus asa : studi kasus siswa X di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Riza (2012) Terapi Eksistensial Humanistik dalam mengatasi siswa putus asa : studi kasus siswa X di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riza Amalia_D03207073.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terapi Konseling Eksistensial Humanistik, adalah terapi untuk membantu individu dalam mengembalikan tanggung jawab untuk memilih kualitas hidupnya. Dalam hal ini konselor berusaha membantu klien untuk mencapai kehidupan yang lebih baik, terutama pada suatu sikap yang menekankan pada pemahaman serta kemandirian atas manusia. Dari uraian tersebut, bisa dipahami bahwa yang dimaksud pemberian terapi eksistensial humanistik adalah konselor memberikan bantuan kepada klien yang putus asa atau tidak mempunyai harapan lagi untuk menjadi yang lebih baik, dengan harapan agar klien mampu menghadapi masalah dengan tabah dan lapang dada serta mampu mengapresiasikan kelebihan yang dimilikinya.
Dalam penelitian ini, masalah yang diteliti adalah bagaimana bentuk perilaku siswa putus asa di MTs Negeri Sidoarjo dan bagaimana pelaksanaan terapi eksistensial humanistik dalam menangani siswa putus asa di MTs Negeri Sidoarjo. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk perilaku siswa putus asa di MTs Negeri Sidoarjo dan untuk mengetahui pelaksanaan terapi eksistensial humanistik dalam menangani siswa putus asa di MTs Negeri Sidoarjo. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif. Adapun informan penelitiannya adalah konselor (Guru bimbingan konseling), konseli (seseorang yang membutuhkan bantuan), orang tua konseli dan teman konseli. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari proses pelaksanaan terapi eksistensial humanistik dalam mengatasi siswa (X) yang mengalami putus asa di MTs Negeri Sidoarjo dapat dikatakan berhasil, hal ini dapat dilihat dari perubahan sikap dari ketika sebelum terapi siswa X mengalami putus asa yang menimbulkan perilaku negatif seperti sering bolos sekolah, sulit berkonsentrasi ketika pembelajaran berlangsung menjadi siswa yang aktif mengikuti pembelajaran di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, RizaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi
Keywords: Eksistensial Humanistik; Putus Asa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2012
Last Modified: 27 Mar 2019 01:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10126

Actions (login required)

View Item View Item