Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) dalam pembinaan guru di Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdullah, Muhammad (2012) Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) dalam pembinaan guru di Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover Muhammad Abdullah_D03208045-2.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji peran Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) dalam pembinaan guru di Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan ini dengan beberapa rumusan masalah yakni (1) Bagaimana peran Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) dalam pembinaan guru di Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. (2) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat peran Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) dalam pembinaan guru di Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisa dengan langkah-langkah reduksi data, display data, verivikasi dan simpulan agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh pemahaman bahwa peran pembinaan terhadap guru oleh PPAI adalah sebagai koordinator, konsultan, pemimpin kelompok dan evaluator. Selain itu dalam pelaksanaan pembinaan PPAI dengan proses (langkah-langkah) meliputi mengumpulkan guru, membentuk kepengurusan, dan melakukan pembinaan guru. pendekatan dalam pembinaan guru berupa pendekatan klinis. Adapun metode dalam pembinaan guru dengan metode langsung atau tidak langsung dan secara individu atau kelompok ialah KKG, percakapan pribadi, rapat guru dan seminar pendidikan. Bentuk pembinaan guru berupa menghadiri MGMP, membentuk tim konsultasi, seminar dan penataran. Dari hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa peran PPAI di Madrasah sangat penting sebagai konsultan dalam membantu memecahkan masalah guru sedangkan peran di Sekolah Dasar tidak terlalu penting karena selama ini belum pernah dilakukan pembinaan terhadap guru. Faktor pendukung peran PPAI dalam pembinaan guru diantaranya faktor berasal dari guru yakni adanya rasa ingin bisa, merasa bangga dan adanya keterbukaan. Faktor dari kepala sekolah ialah mendukung dan memberikan apresiasi yang tinggi atas keberadaan pengawas dalam memberikan pembinaan guru. Serta faktor dari pengawas sendiri yakni peran sebagai konsultan dalam membantu guru dalam menyelesaikan masalah serta adanya rasa ikhlas dan puas dalam melaksanakan tugasnya. Sedangkan faktor penghambat ialah faktor yang berasal dari Kepala sekolah yakni merasa sama-sama sebaya. Faktor berasal dari guru ialah sikap acuh, ego, merasa lebih pintar, faktor dari pengawas sendiri ialah adanya rasa bosan dan faktor kebijakan pemerintah yang kurang dalam hal pendanaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdullah, MuhammadUNSPECIFIEDD03208045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSubty, Taufiqtaufiq_subty@yahoo.com2004065501
Subjects: Guru
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Keywords: Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI); pembinaan guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2012
Last Modified: 22 Jun 2022 07:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10137

Actions (login required)

View Item View Item