Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Teknik Probing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok di Kelas VIII MTS Salafiyah Ii Randublatung Blora

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sukoco, Sukoco (2012) Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Teknik Probing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok di Kelas VIII MTS Salafiyah Ii Randublatung Blora. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sukoco_D04206058.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10138

Abstract

Tugas guru matematika adalah membimbing peserta didik agar memiliki pengetahuan dan keterampilan matematika, melaksanakan proses matematika, serta menumbuhkan rasa senang dan cinta belajar matematika. Hal ini sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika yang telah disebutkan dalam PERMENDIKNAS No. 22 Th. 2006. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan menerapkan metode yang dapat menarik minat siswa sehingga nantinya pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan melibatkan siswa secara aktif. Metode Teknik Probing merupakan cara agar siswa berpikir secara aktif menuju berpikir tingkat tinggi.Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-A Madrasah Tsanawiyah II Randublatung Blora selama delapan jam pelajaran. Materi yang dipilih adalah bangun ruang (kubus dan balok). Penelitian yang dilakukan menngunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode test. Metode test digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Metode test yang digunakan berupa pre-test dan post-test. Pre-test digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan, dan post-test dilakukan untuk mengukur hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan. Perlakuan yang diberikan berupa pembelajaran matematika dengan menggunakan teknik probing. Untuk menganalisis data berupa nilai pre-test dan post-test digunakan uji statistik data berpasangan.Setelah diuji dengan menggunakan uji statistik data berpasangan, diketahui bahwa nilai pre-test berbeda dengan nilai post-test. Rata-rata nilai post-test lebih baik dari pada nilai pre-test. Berdasar hal tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya pembelajaran matematika dengan menggunakan teknik probing dalam kegiatan pembelajaran disekolah. Hal itu berarti pembelajaran matematika dengan menggunakan teknik probing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sukoco, SukocoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode
Keywords: Teknik Probing; Hasil Belajar Siswa; Pembelajaran Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2012
Last Modified: 15 May 2019 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10138

Actions (login required)

View Item View Item