Emosi yang terdapat pada syair dalam kitab Ihya Ulumuddin Karya Imam Ghozali: kajian psikologi sastra

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hartanto, Eko Budi (2012) Emosi yang terdapat pada syair dalam kitab Ihya Ulumuddin Karya Imam Ghozali: kajian psikologi sastra. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eko Budi Hartanto_A51208018.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10156

Abstract

Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghozali atau biasa dikenal dengan nama Imam Ghozali merupakan tokoh terkemuka dalam kancah filsafat, fiqih dan tasawuf. Beliau memiliki pengaruh dan pemikiran yang telah menyebar ke seantero dunia Islam. Beliau telah mengembara ke beberapa tempat seperti Mekkah,Madinah,Mesir dan Jerusalem untuk berjumpa dengan ulama-ulama di sana untuk mendalami ilmu pengetahuannya yang ada. Dalam pengembaraan, beliau menulis kitab Ihya Ulumuddin yang memberi sumbangan besar kepada masyarakat dan pemikiran manusia dalam semua masalah. Kitab Ihya Ulumuddin merupakan kitab yang paling populer di antara kitab-kitab klasik tradisional yang ada. Kitab yang sering dijadikan sebagai sandaran dan rujukan bagi sebagian ummat Islam terutama di Indonesia. Imam Al-Ghazali sering sekali dianggap sebagai ahli filsafat Islam, fiqih dan tasawuf. Dan di dalam kitab ini banyak terdapat syair-syair karya Imam Ghozali sendiri ataupun karya para ulama-ulama yang beliau sadur.Berdasarkan hal tersebut, melalui tulisan ini penulis berusaha mengkaji aspek-aspek emosi yang terdapat dalam syair-syair tersebut .Dalam karya sastra khususnya syair, emosi atau perasaan merupakan salah satu dari beberapa unsur penting dan menentukan keindahan sebuah karya sastra, sehingga karya tersebut mampu meninggalkan kesan tersendiri bagi pembacanya. Maka dari itu, fokus permasalahan yang dibahas dalam judul ini adalah: 1.Apa macam-macam emosi dalam syair pada kitab “Ihya’ ‘Ulumuddin” dalam bab amar ma’ruf, perjalanan dan nikah? .2. Bagaimana keindahan emosi dalam syair pada kitab “Ihya’ ‘Ulumuddin” dalam bab amar ma’ruf, perjalanan dan nikah? Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode analisis deskriptif.Melalui pengkajian yang seksama, bahwa macam-macam emosi dalam syair kitab “Ihya’ ‘Ulumuddin” dalam bab amar ma’ruf, perjalanan dan nikah adalah Emosi tentang diri sendiri yang bisa diartikan dengan emosi positif dan emosi yang menyakitkan yang bisa diartikan sebagai emosi negatif. Dan emosi yang terkandung didalam syair yang terdapat pada kitab “Ihya’ ‘ulumuddin” adalah emosi senang, emosi marah, emosi sedih, dan emosi benci. Sedangkan keindahan-keindahan emosi yang terkandung dalam syair dalam kitab “Ihya’ ‘ulumuddin” adalah penggambaran ungkapan kasih sayang seorang pria kepada istrinya dan penggambaran penyesalan dalam kehidupan dan juga penggambaran mengenai amar ma’ruf dan nahi munkar yang sebenarnya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hartanto, Eko BudiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Arab
Keywords: Ihya Ulumuddin; Imam Ghozali; Syair; emosi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2012
Last Modified: 09 May 2019 02:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10156

Actions (login required)

View Item View Item