التحليل التقابلى بين اللغة العربية واللغة لإندونيسية عاى مستوى حروف الجر

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faisol, Adi (2010) التحليل التقابلى بين اللغة العربية واللغة لإندونيسية عاى مستوى حروف الجر. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adi Faisol_A01206011.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Analisis Kontrastif antara Bahasa Arab dengan Bahasa Indonesia pada Level Preposisi
Adapun masalah yang dibahas di dalamnya adalah: I) apa saja persamaan antara preposisi bahasa Arab dengan preposisi bahasa Indonesia; (ll) apa saja perbedaan antara preposisi bahasa Arab dengan preposisi bahasa Indonesia dan III) apa kesulitan yang dapat terjadi dalam mempelajari preposisi bahasa Arab bagi orang Indonesia. Dalam penelitian literatur skripsi ini digunakan metode analisis kontrastif, yaitu dengan pendekatan deskriptif dan perbandingan antara bahasa sumber (B1) dan bahasa asing (B2) serta penentuan prediksi kesulitan yang mungkin muncul dari pengontrasan keduanya bagi penutur asli B1, sedangkan dalam pembahasan atau penjelasannya ditempuh metode induktif dan deduktif untuk mengkaji persamaan dan perbedaan antara preposisi bahasa Arab dan preposisi bahasa Indonesia secara lebih detil dan komprehensif dengan menggunakan perangkat ilmu lingusitik sebagai alat analisisnya. Dalam penelitian yang penulis lakukan, disimpulkan bahwa terdapat persamaan dan perbedaan antara preposisi bahasa Arab dengan preposisi bahasa Indonesia, baik dari segi istilah, fungsi, bentuk, makna, dan distribusinya dalam kalimat. Persamaan yang cukup signifikan dapat dilihat dari perspektif fungsinya, sedangkan perbedaan yang lebih kentara adalah dalam hal makna dan distribusinya. Poin-poin persamaan dalam preposisi B1 (bahasa Indonesia) dan B2 (bahasa Arab) bersifat lebih memudahkan sedangkan poin-poin perbedaan antar-keduanya berpotensi memberikan kesulitan dalam proses pemahaman atau pernbelajaran preposisi bahasa Arab bagi pelajar Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faisol, Adi-A01206011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasaruddin, Nasaruddinnasaruddin@uinsby.ac.id2009097501
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Bahasa Arab; Bahasa Indonesia; preposisi bahasa
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2012
Last Modified: 24 Dec 2021 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10174

Actions (login required)

View Item View Item