Peringatan bagi peminta minta dalam Sunan Abu Dawud nomor indeks 1627

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Uwais, Muhammad Nur (2012) Peringatan bagi peminta minta dalam Sunan Abu Dawud nomor indeks 1627. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nur Uwais_E03208032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian hadis tentang peringatan bagi peminta-minta ini menghasilkan bahwa hadis tersebut berkualitas shahih. Hal ini disebabkan dari adanya kesemua para perawi hadis nomor indeks 1627 dari jalur Abu Dawud ini berkualitas tsiqah (adil dan dhabith), apalagi didukung dengan adanya mutabi dan syahid. Di samping itu matan hadis tersebut tidak bertentangan dengan dengan tolok ukur yang dijadikan sebagai barometer penilaian kesahihan matan. Sehingga hadis ini dapat dijadikan sebagai landasan dalam pengambilan hukum dan dapat diamalkan (maqbul). Sedangkan pemaknaan hadis ini dilakukan dengan pendekatan dari segi latar belakang turunnya hadis melalui kaidah al ikbratu bi khushus al sabab (mengambil suatu ibrah hendaknya dari sebab sebab yang khusus), yakni dari adanya perbedaan pendapat dikalangan para ulama tentang batasan kaya seseorang yang karenanya dilarang meminta minta harta kepada orang lain ini mengindikasikan adanya perbedaan kondisi masing-masing orang tergantung kebutuhannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Uwais, Muhammad NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: UIN Sunan Ampel Surabaya > Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Keywords: Abu Dawud; Peringatan; Peminta minta
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2012
Last Modified: 02 Apr 2019 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10191

Actions (login required)

View Item View Item