IKHTILAFUL HADIS ANTARA SUNAN IBNU MAJAH NO INDEKS 4126 DAN SUNAN AL NASAI NO INDEKS 5495 TENTANG DOA MINTA MISKIN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma rufah, Hafidlol (2012) IKHTILAFUL HADIS ANTARA SUNAN IBNU MAJAH NO INDEKS 4126 DAN SUNAN AL NASAI NO INDEKS 5495 TENTANG DOA MINTA MISKIN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menjelaskan bahwa kualitas hadis tentang doa minta miskin yang dipublikasikan oleh Ibnu Majah dengan jalur Abu Bakar bin Abi Syaibah, Abdullah bin Said, Abu Khalid al Ahmar, Yazid bin Sinan, Abu alMubarak, dan Atha bin Abi Rabah yang langsung menerima hadis dari Rasulullah SAW, adalah berstatus dhaif (lemah) karena di dalam sanadnya (mata rantai perawi) ada yang bernama Abu al Mubarak yang tidak dikenal nilai kredibilitasnya. Namun karena didukung oleh hadis lain yang diriwayatkan oleh al Tirmidzi melalui jalur Anas bin Malik, al Hakim melalui jalur Abu said al Khudri, dan al Baihaqi melalui jalur Ubadah bin Shamit dan Anas bin Malik, maka status hadis tersebut menjadi hasan li ghairi. Sedangkan kualitas hadis tentang doa memohon perlindungan dari kekafiran dan kekufuran para ulama telah mengakui kesahihannya (baik dari segi sanad maupun matannya).
Sedangkan kajian matan hadis tersebut secara lahiriah Nampak saling bertentangan. Namun Setelah mencermati beberapa pemikiran dan pemahaman para ulama dalam menyelesaikan hadis hadis yang tampak bertentangan tersebut, pada dasarnya terdapat beberapa interpretasi yang hampir sama di antara mereka dalam memberikan solusi pemahaman makna redaksi hadis hadis tersebut. Dengan demikian, dapat ditegaskan bahwa hadis yang tampak bertentangan tersebut sebenarnya tidak bertentangan. Maka, matan hadis yang diteliti berkualitas maqbūl. Karena telah memenuhi kriteria kriteria yang dijadikan sebagai tolak ukur matan hadis yang dapat diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma rufah, HafidlolUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Keywords: Miskin
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2012
Last Modified: 30 Apr 2015 08:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10194

Actions (login required)

View Item View Item