Bimbingan dan konseling Islam dengan pendekatan person centered dalam meningkatkan Self Confidence individu Dwarfisme

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Ambar Arum (2012) Bimbingan dan konseling Islam dengan pendekatan person centered dalam meningkatkan Self Confidence individu Dwarfisme. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ambar Arum Wulandari_B03208010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) apa penyebab klien mengalami kondisi dwarfisme?, (2) apa faktor-faktor yang mempengaruhi self confidence klien penyandang dwarfisme?, (3) Bagaimana proses Bimbingan dan Konseling Islam dalam meningkatkan self confidence klien penyandang dwarfisme ?, (4) Bagaimana hasil proses Bimbingan dan Konseling Islam dalam meningkatkan self confidence klien penyandang dwarfisme ?. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa deskriptif. Dalam menganalisa self confidence yang dimiliki klien penyandang dwarfisme atau kerdil, data yang digunakan adalah hasil observasi yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisa data. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa penyebab objek penelitian mengalami dwarfisme bukan karena ada faktor genetika melainkan adanya mutasi genetik. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi self confidence yakni dukungan sosial terutama orang tua, penampilan fisik, pengalaman luka (psikis), pendidikan. Dalam penelitian ini, proses konseling dilakukan dengan menggunakan pendekatan person-centered dengan teknik pengungkapan,penerimaan,respek dan pengertian. Dengan pendekatan ini diharapkan klien dapat memiliki konsep diri lebih ideal dan realistis. Hasil akhir dari proses konseling dalam penelitian ini cukup berhasil dengan jumlah interprestasi yang diperoleh klien meningkat dari 37 skor menjadi 44 skor atau dalam kategori rendah menjadi sedang. Dimana dalam hasil tersebut dapat dilihat adanya perubahan sikap atau perilaku klien dalam kesehariannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Ambar ArumUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Keywords: dwarfisme; Manusia kerdil; self confidence; Rrasa percaya diri; person-centered
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2012
Last Modified: 09 Apr 2019 04:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10196

Actions (login required)

View Item View Item