Kohesi dalam Koran Berbahasa Arab Al Jazirah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masykur, Muhammad Syafiul (2012) Kohesi dalam Koran Berbahasa Arab Al Jazirah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Syafiul Masykur_A51208012.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10218

Abstract

Kohesi suatu wacana yang berupa pertalian unit semantis diwujudkan menjadi bentuk gramatikal dan leksikal, dan selanjutnya diwujudkan menjadi suatu ekspresi dalam bentuk bunyi atau tulisan. Piranti kohesi gramatikal dan leksikal yang digunakan dalam wacana tertentu mungkin berbeda dengan yang dipakai dalam wacana lainnya. Pemakaian piranti kohesi berkaitan dengan tujuan penulisan wacana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data penelitian berupa unsur-unsur bahasa pada teks yang dapat berupa kata-kata atau frasa, klausa, kalimat, paragraf. Data diambil dari Koran berbahasa arab, yaitu Koran al Jazirah. Penelitian ini menunjukkan beragam piranti kohesi yang digunakan dalam berita utama Koran berbahasa Arab. Jenis kohesi yang diteliti adalah Kohesi gramatikal meliputi referensi, elipsis, substitusi, dan konjungsi. Jenis referensi yang ditemukan dalam Koran berbahasa Arab ini hanya anafora, yang terbagi atas pronomina persona, pronominal demostratif. Relasi konjungtif meliputi hubungan aditif, perlawanan, waktu, tujuan, konsesif, penyebaban, hasil, penjelasan, dan pembandingan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masykur, Muhammad SyafiulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Keywords: Kohesi; Koran Berbahasa Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2012
Last Modified: 09 May 2019 06:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10218

Actions (login required)

View Item View Item