JAHR DAN HAMS DI DALAM ILMU TAJWID DAN ILMU ASHWAT, PENELITIAN PERBANDINGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasrullah, M. (2012) JAHR DAN HAMS DI DALAM ILMU TAJWID DAN ILMU ASHWAT, PENELITIAN PERBANDINGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab Isi.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah yang dibahas dalam penyusunan skripsi Ini adalah (1) Apa pengertian Jahr dan Hamsdalam Ilmu Tajwid (2)Apa pengertian Jahr dan Hamsdalam Ilmu Ashwat (3) Apa saja persamaan Jahr dan Hamsdalam Ilmu Tajwid dan Ilmu Ashwat serta perbedaannya.
Berkenaan dengan itu, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode taqobuli dimana akan diperbandingkan antara dua sifat (Jahr dan Hams) yang ada dalam dua disiplin ilmu yang berbeda (Ilmu Tajwid dan Ilmu Ashwad) dan dalam menjelaskannya digunakan metode Deduktif yaitu metode pembahasan yang menekankan pada hal hal yang bersifat khusus menuju hal hal yang bersifat umum dan metode Induktif yaitu metode pembahasan yang menekankan pada hal hal yang bersifat umum menuju khusus.
Dalam penelitian ini disimpulkan, bahwa persamaannya adalah Ilmu Tajwid hanya menggunakan satu nama Jahr dan Hams yang diambil dari masdar, Sedangkan Ilmu Aswad menggunakan Istilah Jahr dan Hams, Al MaJhur dan Al Mahmus. Adapun perbedaannya, Ilmu Tajwid menggunakan ada atau tidaknya hembusan nafas sebagai tolak ukur dalam menentukan sifat Jahr dan Hams berbeda dengan Ilmu Ashwat, lebih menekankan pada ada atau tidaknya getaran pada pita suara sebagai tolak ukur Jahr dan Hams

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasrullah, M.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Jahr; Hams; Ilmu Tajwid
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2012
Last Modified: 06 May 2015 00:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10219

Actions (login required)

View Item View Item