PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP HUTANG UANG DENGAN PENGEMBALIAN SEHARGA SAPI DI DESA PRIJEKNGABLAK KECAMATAN KARANGGENENG KABUPATEN LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikhah, Mar’atus (2012) PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP HUTANG UANG DENGAN PENGEMBALIAN SEHARGA SAPI DI DESA PRIJEKNGABLAK KECAMATAN KARANGGENENG KABUPATEN LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 - 5.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian tehadap hutang uang dengan pengembalian seharga sapi di Desa Prijekngablak terjadi melalui dua bentuk penilaian. Pertama terjadi pada dua pihak muqrid dan muqtarid menggunakan sapi milik muqrid yang dijadikan ukuran hutang uang. Kedua pada tiga pihak muqrid, muqtarid dan pemilik sapi menggunakan sapi milik pihak ketiga dikarenakan muqrid memiliki sapi ataupun tidak memiliki tetapi tidak ingin dijadikan ukuran hutang sehingga sapi milik pihak ketiga yang dijadikan ukuran. Jangka waktu yang ditentukan dalam hutang uang yakni 1 tahun. Pengembalian pinjaman harus sesuai dengan seharga sapi yang telah laku terjual. Pihak ketiga akan mendapat komisi dari pengembalian pinjaman sebesar dua puluh lima persen sebagai upah sapinya telah digunakan sebagai ukuran hutang. Apabila sapi yang digunakan sebagai ukuran hutang mati ataupun hilang maka muqtarid hanya mengembalikan pokok pinjaman saja.
Berdasarkan hasil penelitian di atas menyimpulkan bahwa praktik hutang uang dengan pengembalian seharga sapi tidak sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan menurut hukum Islam karena penambahan dalam pokok pinjaman ini bisa
terjerumus dalam riba. Riba merupakan salah satu bentuk kedzhaliman yang tidak sesuai dengan asas berakad dalam Islam yakni asas keadilan. Islam melarang mengambil atau memakan harta orang lain secara tidak sah (dengan cara batil) dan tanpa adanya kerelaan antara kedua belah pihak yang melakukan perjanjian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikhah, Mar’atusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Muamalat Muamalah
Keywords: Hutang uang; Sapi; Hutang uang dibayar sapi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2012
Last Modified: 14 Apr 2015 08:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10235

Actions (login required)

View Item View Item