Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Active Learning Dengan Setting Rotation Trio Exchange

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wati, Fitriah Rahma (2012) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Active Learning Dengan Setting Rotation Trio Exchange. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitriah Rahma Wati_D04207067.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10239

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan dari tahun ke tahun mengalami perubahan seiring dengan tantangan dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu bersaing di era globalisasi. Saat ini semua mata pelajaran menuntut agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran berlangsung. Salah satu metode pembelajaran yang sering digunakan adalah metode active learning yang dalam proses pembelajarannya diusahakan agar siswa berpartisipasi semaksimal mungkin didalam ruang belajar. Untuk melengkapi hal tersebut langkah-langkah pembelajaran dengan metode rotation trio exchange sangat cocok untuk membuat siswa terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar. Karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengembangan perangkat pembelajaran matematika yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil pengembangan pembelajaran matematika active learning dengan setting rotation trio exchange. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan di SMP ITABA Gedangan. Subjek dalam penelitian ini adalah 24 siswa kelas VIIb SMP ITABA Gedangan. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah perangkat pembelajaran yaitu RPP, buku siswa, dan LKS.Proses pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model Thiagarajan 4D (define, design, development dan disseminate) yang dimodifikasi sampai tahap development.Dari hasil penelitian tersebut diperoleh hasil kevalidan RPP sebesar 4,10 kevalidan buku siswa sebesar 4,07 dan kevalidan LKS sebesar 4,07 yang berarti perangkat tersebut telah valid dan layak digunakan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah dinilai praktis oleh para ahli, dengan rata-rata penilaian B. Perangkat pembelajaran yang digunakan juga memenuhi kriteria keefektifan yang meliputi: aktivitas siswa tujuh puluh koma satu persen, sintaks pembelajaran sembilan puluh dua persen terlaksana dengan nilai sebesar 3,38 respon siswa lebih dari tujuh puluh persen siswa merespon dalam kategori positif, dan hasil belajar siswa efektif, karena telah memenuhi kriteria ketuntasan individual dan klasikal, yaitu tujuh uluh lima persen siswa tuntas dalam pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wati, Fitriah RahmaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode
Keywords: Active Learning; Rotation Trio Exchange
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2012
Last Modified: 15 May 2019 02:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10239

Actions (login required)

View Item View Item