TINJAUAN SEJARAH KOMUNITAS ARAB DALAM PARTAI ARAB INDONESIA (PAI) 1945-1946

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mardiati, Ani Sri (2013) TINJAUAN SEJARAH KOMUNITAS ARAB DALAM PARTAI ARAB INDONESIA (PAI) 1945-1946. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

Partai Arab Indonesia (PAI) yang dulunya sebuah persatuan dan diganti menjadi Partai guna mengikuti sebuah pengakuan untuk mencapai kemerdekaan yang ada pada waktu itu, Karena komunitas Arab yang belum diakui kemerdekaannya sehingga dengan terbentuknya PAI digunakan sebagai wadah perkumpulan para peranakan Arab yang ada di Indonesia namun menurut orang Belanda orang Arab di anggap membahayakan dalam hal kelanggengan politik kolonial Belanda, apalagi sejumlah pemberontakan di tanah air melawan penjajah itu melibatkan orang-orang etnis Arab. Sehingga kiprah keturunan orang arab dalam bidang politik di Indonesia sudah berlangsung sejak lama. PAI didirikan oleh AR Baswedan pada tanggal 4 Oktober 1934 dan juga mengeluarkan Sumpah Pemuda keturunan Arab Rumusan masalah yang diambil dalam skripsi ini 1). Bagaimana sejarah berdirinya Partai Arab Indonesia (PAI)? 2). Apa saja Usaha komunitas Arab dalam Partai Arab Indonesia (PAI) pada tahun 1945-1946? 3). Bagaimana tanggapan komunitas Arab dalam menyingkapi adanya Partai Arab Indonesia (PAI)?,
Pendekatan yang di gunakan peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan historis sedangkan teori yang digunakan adalah teori organisasi birokrasi seperti yang di kemukakan oleh Max Weber yaitu teori birokrasi yang mencoba melukiskan sebuah organisasi yang ideal, organisasi yang secara murni rasional dan yang akan memberikan efesiensi operasi yang maksimum.
Metode diantaranya Heuristik (mencari atau mengumpulkan data) yang berasal dari sumber-sumber kepustakaan (library reseach) maka sumber yang diambil dari Primary sources dan secondary souerces, yang semuanya bearasal dari buku-buku atau dokumen yang berkaitan dengan Partai Arab Indonesia (PAI).
Proses tahap akhir penulisan yaitu sintesa yang diperoleh dalam bentuk suatu kisah yang dipaparkan secara sistematis dan terperinci dengan menggunakan bahasa yang baik. Seperti menjelaskan makna persatuan yang sebenarnya dari mulai pengertian, sejarah berdirinya, perkembangan dan konsep yang disajikan secara runtut sehingga dapat di fahami.
Hasil yang di capai pada penelitian ini adalah mengetahui bahwa Partai Arab Indonesia pernah ada di Indonesia meskipun cuma sebentar dan di akui keberadaannya yang berawal dari orang-orang Arab yang tinggal di Indonesia

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: PEMBIMBING: Dwi Susanto, MA
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mardiati, Ani SriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Komunitas Arab, Partai Arab Indonesia, library reseach
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2013
Last Modified: 16 Apr 2015 02:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10375

Actions (login required)

View Item View Item