ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA SETELAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7-E, LEARNING CYCLE 5-E, DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI PERBANDINGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wati, Ana Yuliana (2013) ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA SETELAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7-E, LEARNING CYCLE 5-E, DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI PERBANDINGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang kebanyakan menurut siswa adalah pelajaran yang sulit. Kesulitan belajar yang timbul tidak semata-mata karena materi namun juga berkaitan dengan cara penyampaian materi. Guru hendaknya memilih dan menggunakan strategi, pendekatan, dan metode yang banyak melibatkan siswa secara aktif. Pada penelitian ini model pembelajaran kooperatif yang akan digunakan adalah model learning cycle 7-E dan learning cycle 5-E.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran learning cycle 7-E, learning cycle 5-E, dan pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian percobaan (experiment research), karena pada penelitian ini terdapat perlakuan khusus terhadap variabel-variabel yang diteliti. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengolahan data, dan pembahasan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, data yang diperoleh berupa nilai/angka kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji Anova One Way dan dilanjutkan dengan uji berganda yaitu uji Tukey.
Data hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran learning cycle 7-E adalah 7, (2) rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran learning cycle 5-E adalah 74,9, dan (3) rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran langsung adalah 67. Data dianalisis menggunakan uji Anova One Way yang menghasilkan Fhit Ftabel yang artinya bahwa minimal ada satu yang berbeda, kemudian dilanjutkan dengan uji Tukey yang membandingkan antara beda mean dengan beda kritik. Beda kritik diperoleh 6,6. Berdasarkan uji Tukey diperoleh bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran learning cycle 7-E dengan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran learning cycle 5-E, (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan learning cycle 7-E dengan hasil belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran langsung, (3) terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran learning cycle 5-E dengan hasil belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran langsung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Maunah Setyawati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wati, Ana YulianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Learning Cycle 7-E; Learning Cycle 5-E; Pembelajaran Langsung
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2013
Last Modified: 07 Apr 2015 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10385

Actions (login required)

View Item View Item