PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI KEUTUHAN NKRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V MI SUNNIYYAH KISIK KRATON PASURUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Latifah (2014) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI KEUTUHAN NKRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V MI SUNNIYYAH KISIK KRATON PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Latar belakang ini adalah kurangnya hasil belajar siswa terhadap materi keutuhan NKRI pada mata pelajaran PKn. Hasil belajar yang rendah memberikan dampak sulitnya mencapai tujuan pembelajaran bagi pelaku pendidikan .Untuk
meningkatkan hasil belajar PKn pada materi keutuhan NKRI, diambil tindakan pembelajaran melaui metode Snowball Throwing.
Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan pelaksanaan model Pembelajaran Snowball Throwing mata pelajaran PKn kelas V MI Sunniyyah Kisik Kraton Pasuruan? (2) Apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas V MI Sunniyyah Kisik Kraton Pasuruan?.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran model snowball throwingdan (2) untuk mengetahui apakah pembelajaran model snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn kelas V MI Sunniyyah Kisik Kec Kraton Kabupaten Pasuruan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pada teknik observasi menggunakan lembar observasi guru dan lembar observasi siswa, pada teknik tes adalah dengan butir-butir soal tes, pada teknik wawancara dilakukan dengan cara wawancara terbuka terhadap guru pengamat dan siswa kelas V, sedangkan pada teknik dokumentasi dilakukan untuk mengetahui profil sekolah, data-data pembelajaran, dan foto dalam proses penelitian. Adapun teknik analisis data yaitu dengan menganalisis data kualitatif dan kuantitatif.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) penerapan Snowball Throwing pada siswa kelas V MI Sunniyyah Kisik Kraton Pasuruan telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil skor observasi aktivitas guru meningkat dari siklus I sebesar 73,91% (cukup baik) sedangkan siklus II menjadi 86,95% (baik). Dan hasil skor observasi terhadap aktivitas siswa meningkat dari siklus I sebesar 71,05% (cukup baik) sedangkan siklus II menjadi 90,78% (sangat baik). (2) terdapat peningkatan hasil belajar PKn materi keutuhan NKRI dengan metode Snowball Throwing pada siswa kelas V MI Sunniyyah Kisik Kraton Pasuruan. Hal ini dapat dijelaskan bahwa nilai rata-rata kelas siswa menngkat dari siklus I yaitu 67,1% menjadi 74,28% pada siklus II serta prosentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 57,1% jumlah siswa tuntas dan pada siklus II sebesar 89,3% jumlah siswa tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nadlir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, LatifahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Hasil Belajar PKn; Model Pembelajaran Snowball Throwing;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2015 02:17
Last Modified: 23 Feb 2015 02:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1041

Actions (login required)

View Item View Item