INTEGRASI PESANTREN KE DALAM SISTEM PENDIDIKAN TINGGI AGAMA ISLAM : STUDI DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zainiyati, Husniyatus Salamah (2013) INTEGRASI PESANTREN KE DALAM SISTEM PENDIDIKAN TINGGI AGAMA ISLAM : STUDI DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Menurut Mukti Ali bahwa ulama tidak pernah lahir dari institusi selain pesantren. Untuk menghasilkan ulama yang intelek dan intelektual yang ulama sebagaimana tujuan dari PTAI. Menurut Imam Suprayogo, lembaga pendidikan tinggi Islam harus diformat dalam bentuk integrasi pesantren dan perguruan tinggi.
Penelitian ini bertolak dari pertanyaan: Bagaimana model integrasi pesantren ke dalam sistem pendidikan UIN Maliki Malang?. Apa latar belakang integrasi pesantren ke dalam sistem pendidian UIN Maliki Malang?
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui: interview, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya deskriptif dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. d Sunan Ampel Al-Aly ke dalam sistem pendidikan UIN Maliki Malang, dikategorikan menjadi dua, yaitu, integrasi lembaga dan integrasi kurikulum. a) Integrasi lembaga. Secara operasional UIN Malang membentuk lembaga penunjang akademik seperti: Lembaga Kajian al-, Haiah Tahfiz al, Kajian Tarbiyah Aly, Program Khusus Pendidikan Bahasa Arab. b) Integrasi kurikulum.
Untuk mewujudkan sosok ulul albab, diperlukan struktur keilmuan integratif, struktur kurikulum secara filosofis bahwa bangunan ilmu yang telah terintegrasi tidak banyak berarti jika dipegang oleh orang yang tidak bermoral, perlu dibenahi aspek aksiologinya. Secara praktis, pendirian mahad Aly untuk merespon rendahnya pengetahuan agama Islam mahasiswa UIN Malang salah satu sebabnya adalah lemahnya menciptakan suasana kondusif bagi pengembangan kepribadian mahasiswa dan pengembangan bahasa Arab dan Inggris.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zainiyati, Husniyatus SalamahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Keywords: Integrasi Lembaga; Integrasi Kurikulum; Pesantren
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2013
Last Modified: 08 Apr 2015 05:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10438

Actions (login required)

View Item View Item