BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DENGAN TEHNIK TATSQIF UNTUK MENGATASI SIKAP ENGGAN DALAM SHALAT BERJAMA'AH PADA SEORANG SANTRIWAN ASRAMA MAHASISWA ISLAM DAAR AL-NAJAH WONOCOLO. SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febrimardiansyah, Febrimardiansyah (2013) BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DENGAN TEHNIK TATSQIF UNTUK MENGATASI SIKAP ENGGAN DALAM SHALAT BERJAMA'AH PADA SEORANG SANTRIWAN ASRAMA MAHASISWA ISLAM DAAR AL-NAJAH WONOCOLO. SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Apa saja faktor penyebab munculnya sikap enggan dalam sholat berjama'ah?, (2) Bagaimana proses Bimbingan Konseling Islam dengan Tehnik tatsqif untuk Mengatasi Sikap Enggan dalam Sholat Berjama'ah?, (3) Bagaimana hasil dari proses Bimbingan Konseling Islam dengan Tehnik tatsqif untuk Mengatasi Sikap Enggan dalam Sholat Berjama'ah?
Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa deskriptif komparatif. Dalam menganalisa faktor-faktor yang menyebabkan munculnya sikap enggan dalam sholat berjama'ah yaitu prosesnya menggunakan analisa deskriptif. Sedangkan proses dan hasil akhir dari pelaksanaan bimbingan konseling islam dengan tehnik tatsqif, dimana penulis bmemandingkan data teori dengan data yang terjadi di lapangan.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor penyebabnya adalah. Kebiasaan klien yang gemar tidur di tengah malam bahkan hingga menjelang dini hari lantaran facebook, sehingga sukar dibangunkan ketika masuk waktu sholat subuh, Ketika diajak untuk sholat dengan berjama’ah, sering kali beralasan atau menunda-nunda waktu sholat, Ketika diingatkan dan dinasehati, klien bersikap acuh dan sering beralasan, guna untuk membela dirinya, Apabila klien sedang memegang Android dan Laptop, dirinya sering melalaikan kewajiban yang seharusnya dia kerjakan, bahkan sering terlambat untuk sholat dengan berjama’ah.
Dalam penelitian ini proses konseling yang terjadi menggunakan Tehnik Tatsqif yang di dalamnya terdapat 3 tahapan yaitu tahap halqoh, tahap mutaba’ah, tahap interaksi dengan umat. Kesemua tahapan tersebut dilaksakan secara berurutan 3-5 kali pertemuan. dengan pendekatan ini konselor membina klien dengan tsaqofa Islam, membimbing klien dengan hukum-hukumnya, dibacakan al-Quran kepada
klien, menjelaskannya, memerintahkan klien untuk menghapal dan memahami al- Quran, sertta memotivasi klien untuk menyampaikan dakwah di tengah-tengah umat. dengan harapan agar terjadi perubahan pada diri klien baik dari segi nafsiyah maupun aqliyah, serta mampu mengajak teman, saudara maupun keluarganya untuk menambil hal yang utama khususnya dalam sholat berjama’ah, sedangkan hasil akhir dari proses konseling ini adalah berhasil dengan prosentase 80% yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan pada nafsiyah atau aqliyah klien yang mampu mengubah kebiasaan buruknya, serta membiasakanya dengan
selalu mengambil hal yang utama khususnya dalam sholat bfrjama’ah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Agus Santoso, S.Ag, M.Pd
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febrimardiansyah, FebrimardiansyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Tehnik Tatsqif, Sikap Enggan Dalam Sholat Berjama'ah.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Dec 2013
Last Modified: 10 Apr 2015 07:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10457

Actions (login required)

View Item View Item