PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN RESIC PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SEGIEMPAT DI SMPN 32 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Yayuk Sri (2013) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN RESIC PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SEGIEMPAT DI SMPN 32 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Paradigma pembelajaran telah berubah, setelah berpusat dari guru sekarang berubah jadi berpusat kepada siswa. Maka secara otomatis para siswa dituntut untuk lebih aktif. Kebanyakan guru menggunakan metode ceramah dalam menyajikan pelajaran. Mengacu pada penjelasan di atas, maka perlu adanya diadakan pengembangan metode pembelajaran. Salah satunya adalah metode pembelajaran menggunakan model pembelajaran RME dan kooperatif bukan hanya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi juga untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan keterampilan sosial.
Model pembelajaran kooperatif adalah sistem pembelajaran yang yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bekerjasama dengan siswa lain daam tugas-tugas terstruktur. Pembelajaran RME adalah model pembelajaran yang ditekankan pada keterkaitan antar konsep-konsep matematika dengan pengalaman siswa sehari-hari yang berarti matematika harus dekat dan relevan dengan peserta didik. Selain itu, perlu menerapkan kembali konsep matematika yang telah dimiliki siswa pada kehidupan sehari-hari atau pada bidang lain, tentunya dengan bimbingan orang dewasa (guru). Model pembelajaran resic adalah pembelajaran yang menggunakan prinsip dan karakteristik RME dengan langkah-langkah pembelajaran kooperatif.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan di SMPN 32 Surabaya. Subjek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yaitu RPP, buku siswa dan LKS. Proses pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model Thiagarajan 4-D (define, design, develop dan disseminate) yang dimodifikasi sampai tahap develop. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket respon siswa, dan tes hasil belajar.
Dari hasil penelitian tersebut diperoleh hasil kevalidan rata- rata dari RPP, Buku Siswa dan LKS sebesar 4,02 yang berarti perangkat tersebut telah valid dan layak digunakan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah dinilai kurang praktis oleh para ahli, dengan penilaian "B" . Perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria keefektifan pada: aktifitas siswa, hasil belajar siswa dan respon siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Yuni Arrifadah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, Yayuk SriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Pengembangan Pembelajaran Resic; Bangun Datar Segiempat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2013
Last Modified: 07 Apr 2015 07:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10592

Actions (login required)

View Item View Item