PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA STICK FIGURE PADA SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM 2 PERENG WETAN GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhibbah, Zamrotul (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA STICK FIGURE PADA SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM 2 PERENG WETAN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Kemampuan menulis karangan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan materi yang harus dikuasai oleh siswa. Untuk itu diperlukan kemampuan menulis yang baik dan tepat dalam suatu karangan. Akan tetapi hasil observasi terhadap siswa kelas IV MI Miftahul Ulum 2 Pereng Wetan Gresik menunjukkan bahwa hanya 17,6 persen siswa yang mampu menulis karangan dengan ejaan dan tanda baca yang tepat. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan menulis karangan siswa masih rendah yang disebabkan kurangnya media dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Berdasarkan hasil observasi tersebut peneliti terdorong untuk memperbaiki cara pembelajaran guru melalui penelitian tindakan kelas yang menggunakan media
stick figure.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan menulis karangan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum menggunakan media stick figure pada siswa kelas IV MI Miftahul Ulum 2 Pereng Wetan Gresik, (2) Bagaimana penerapan media stick figure dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV MI Miftahul Ulum 2 Pereng Wetan Gresik, (3) Bagaimana peningkatan kemampuan menulis karangan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah menggunakan media stick figure pada siswa kelas IV di MI Miftahul Ulum 2 Pereng Wetan Gresik.
Tindakan yang dipilih dalam menyelesaikan masalah dengan peningkatan kemampuan menulis karangan dalam PTK ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, aksi atau tindakan, observasi dan refleksi. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV MI Miftahul Ulum 2 Pereng Wetan Gresik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari hasil deskripsi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhibbah, ZamrotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Kemampuan Menulis Karangan; Media Stick Figure
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2013
Last Modified: 16 Apr 2015 06:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10594

Actions (login required)

View Item View Item