This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rofi’ah, Ainur (2013) INTERNALISASI NILAI-NILAI DEMOKRASI PADA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DI KELAS VIII A SMP NEGERI 1 BUNGAH GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
COVER.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (677kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (307kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran secermat mungkin mengenai internalisasi nilai-nilai demokrasi pada proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Bungah Gresik , kendala dalam proses pembelajaran serta upaya untuk mengatasi kendala pada proses pembelajaran. Data yang dikumpulkan melalui metode Observasi , wawancara, dan dokumentasi. Data berupa deskriptif mengenai internalisasi nilai-nilai demokrasi dan profil sekolah diperoleh dari studi dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Analisa data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan analisis data penelitian menunjukkan pelaksanaan internalisasi nilai-nilai demokrasi pada proses pembelajaran PAI dapat diwujudkan melalui tahap perencanaan yaitu guru menyisipkan nilai-nilai demokrasi pada nilai karakter, pelaksanaan pembelajaran yaitu guru menerapkan metode yang variatif diantaranya diskusi dan metode tanya jawab dengan memanfaatkan media yang telah adalah ada, dan evaluasi pembelajaran yaitu guru melaksanakan evaluasi pembelajaran secara komprehensif yang diantaranya mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru tidak hanya bertujuan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa, namun siswa juga mengevaluasi gurunya. Kendala yang ditemui guru adalah guru mengalami kesulitan dan kurang teliti dalam menentukan nilai-nilai demokrasi yang sesuai dengan materi. Upaya yang dilakukan guru adalah dengan cara guru harus teliti dan kreatif dalam menentukan nilai-nilai demokrasi yang sesuai dengan materi PAI. Untuk meningkatkan pelaksanaan internalisasi nilai-nilai demokrasi pada proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Bungah Gresik semua elemen sekolah dan orang tua harus turut andil agar bisa mencetak generasi muslim yang demokratis, bersih, berakhlak serta berpegang teguh pada nilai keadaban.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Islam |
||||||
Keywords: | Internalisasi; Nilai-Nilai Demokrasi; Proses Pembelajaran PAI. | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 19 Nov 2013 | ||||||
Last Modified: | 04 Apr 2015 03:46 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10606 |
Actions (login required)
View Item |