UPAYA PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA TUNAGRAHITA C MELALUI EKSTRA KURIKULER KERAJINAN TANGAN SEKOLAH LUAR BIASA DHARMA WANITA LEBO SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novyati, Dwi Sri (2013) UPAYA PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA TUNAGRAHITA C MELALUI EKSTRA KURIKULER KERAJINAN TANGAN SEKOLAH LUAR BIASA DHARMA WANITA LEBO SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Sekolah luar biasa (SLB/C) Dharma Wanita Lebo Sidoarjo adalah lembaga berkebutuhan khusus yang memberi program ekstra kurikuler kerajinan tangan sejak tahun dua ribu. Tujuan dari program ekstra kurikuler (pengembangan diri) bagi siswa tunagrahita C ini adalah untuk memperoleh bimbingan dan pelatihan yang diberikan oleh pihak sekolah mengenai pengembangan kreativitas siswa tunagrahita C melalui ekstra kurikuler kerajinan tangan agar menjadi individu yang kreatif dan memiliki potensi. Dari urain tersebut penulis mengambil tiga rumusan masalah yang diteliti sebagai acuan dalam penulisan skripsi (1) upaya pengembangan kreativitas siswa tunagrahita C melalui ekstra kurikuler kerajinan tangan di sekolah luar biasa Dharma Wanita Lebo Sidoarjo? (3) hambatan upaya pengembangan kreativitas siswa tunagrahita C melalui ekstra kurikuler kerajinan tangan sekolah luar biasa Dharma Wanita Lebo Sidoarjo?
Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode Kualitatif yang bersifat kualitatif deskriptif untuk memperoleh data-data yang ada mengenai upaya pengembangan kreativitas siswa tunagrahita C melalui ekstra kurikuler kerajinan tangan. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, interview, dokumentasi untuk mengetahui tentang latar belakang masalah yang diteliti. Berdasarkan data yang diperoleh dari berbagai teknik tersebut, peneliti dapat menyimpulkan bahwa upaya pengembangan kreativitas siswa tunagrahita C melalui ekstra kurikuler kerajinan tangan sekolah luar biasa (SLB/C) Dharma Wanita Lebo Sidoarjo yaitu guru menggunakan strategi bimbingan dan pelatihan, menggunakan strategi 4P yaitu pribadi, pendorong, proses dan produk dan kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan dengan sistem klasikal dengan mempertimbangkan bakat, minat dan kemampuan yang dimiliki. Kegiatan ekstra kurikuler kerajinan tangan tersebut telah dilaksanakan sekolah luar biasa (SLB/C) Dharma Wanita Lebo Sidoarjo dengan baik dan meraih prestasi yang memuaskan.
Memaparkan hasil penelitian tersebut, penulis memberikan saran kepada pihak sekolah agar kegiatan ekstra kurikuler kerajinan tangan diberikan kepada seluruh siswa sekolah luar biasa (SLB/C). Selanjutnya, masalah ini dapat dijadikan sebagai acuan penelitian untuk memperoleh persoalan tersebut di atas

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing :Abd. Haris
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novyati, Dwi SriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Ekstrakurikuler
Tenaga Kerja
Keywords: Siswa Tunagrahita; Pengembangan Kreativitas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2013
Last Modified: 31 Mar 2015 08:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10622

Actions (login required)

View Item View Item