PEMBATALAN AKAD DEPOSITO MUDARABAH SISUKA SEBELUM JATUH TEMPO DAN PENARIKAN HADIAHNYA DI KJKS BINAMA SEMARANG JAWA TENGAH MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hajar, Imam Ibnu (2013) PEMBATALAN AKAD DEPOSITO MUDARABAH SISUKA SEBELUM JATUH TEMPO DAN PENARIKAN HADIAHNYA DI KJKS BINAMA SEMARANG JAWA TENGAH MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - Daftar Pustaka.pdf

Download (537kB) | Preview

Abstract

Dari Hasil penelitian ini ditemukan bahwa deposito mudarabah Sisuka terdapat keterangan yang dibuat KJKS BINAMA yaitu: a. Anggota yang mendepositokan dananya melalui deposito mudarabah Sisuka akan memperoleh hadiah senilai 1,5 persen dari nilai dana yang didepositokan, berupa barang hadiah. b. Jika anggota membatalkan akadnya sebelum jatuh tempo akan dikenakan potongan. c. hadiah yang telah diberikan di awal akad akan ditarik kembali, namu penarikan hadiah berupa barang hadiah yang telah diberikan, tetapi akan dikalkulasi sesuai dengan masa lamanya dana didepositokan.
Menurut hukum Islam pelaksanaan akad Deposito Mudarabah Sisuka sudah sesuai dengan hukum Islam karena sudah memenuhi syarat dan rukun. Adapun dalam penarikan hadiahnya juga tidak bertentangan dengan hukum Islam karena pemberi hadiah yang diperbolehkan menarik kembali hadiahnya adalah pemberi hadiah yang memberikan agar hadiahnya itu diberi imbalan dan dibalas.
Untuk itu diharapkan kepada para pihak KJKS BINAMA ketika membuat suatu kebijakan atau aturan agar mengkaji ulang atau lebih memperhatikan hal-hal yang sederhana agar tidak menimbulkan atau mengundang perbedaan pendapat terhadap kebijakan yang telah dijalankan dan agar tidak terjadi kemudaratan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hajar, Imam IbnuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Hukum Islam
Keywords: KJKS BINAMA Semarang, Pembatalan Akad Deposito Mudarabah Sisuka Sebelum Jatuh Tempo
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2013
Last Modified: 16 Apr 2015 02:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10632

Actions (login required)

View Item View Item