PERANAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA PEMBELAJARAN PAI DI SMA GIKI 3 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mafruhah, Izzatin (2013) PERANAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA PEMBELAJARAN PAI DI SMA GIKI 3 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pusataka.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, maka untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia ialah melalui proses pembelajaran di sekolah, Guru sebagai salah satu sumber daya dalam pembangunan pendidikan merupakan penentu keberhasilan pendidikan itu sendiri. Dengan demikian maka guru dituntut untuk selalu berupaya meningkatkan kinerjanya. upaya meningkatkan mutu pendidikan harus dimulai dari aspek guru dan tenaga kependidikan lainnya yang menyangkut kualitas keprofesionalannya, maka perlu secara terus menerus mendapatkan perhatian. Peningkatan akan lebih berhasil apabila dilakukan oleh guru dengan kemauan dan usaha mereka sendiri. Namun sering kali guru masih memerlukan bantuan dari orang lain. untuk itu dalam memberikan bantuan dan pembinaan kepada guru tersebut, program supervisi menduduki posisi yang sangat penting.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran secermat mungkin mengenai pelaksanaan supervisi kepala sekolah, kinerja pembelajaran PAI serta peranan supervisi kepala sekolah dalam peningkatan kinerja pembelajaran PAI di SMA GIKI 3 Surabaya. Data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data berupa deskriptif mengenai peranan supervisi kepala sekolah dalam peningkatan kinerja pembelajaran PAI dan profil sekolah diperoleh dari studi dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Analisa data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan analisis data penelitian menunjukkan pelaksanaan supervisi kepala sekolah di SMA GIKI 3 surabaya dilaksanakan satu kali selama satu semester, waktu tersebut hanya sebagai formalitas saja karena supervisi dilakukan setiap hari, metode yang digunakan adalah metode kelompok dan individu, aspek yang diamati adalah persiapan mengajar, kegiatan guru dalam proses pembelajaran, hasil pelaksanaan kurikulum yang harus dicapai pada periode tertentu, keaktifan guru dalam menjalankan tugas dan sikap guru. Kinerja pembelajaran PAI di SMA GIKI 3 Surabaya terbilang baik, terbukti dengan guru mempersiapkan perangkat pembelajaran sebelum melaksanakan KBM, menyusun dan menguasai bahan ajar yang dibuat sendiri, menggunakan metode dan media dalam proses pembelajaran, pemilihan alat evaluasi seperti fortofolio, performance, action dan tes tulis yang disesuaikan dengan aspek yang diukur kognitif, afektif atau psikomotorik. Peranan supervisi kepala sekolah dalam peningkatan kinerja pembelajaran PAI di SMA GIKI 3 Surabaya relatif efektif terbukti dengan persiapan yang lebih matang yang ditunjukkan oleh guru PAI dalam melaksanakan proses pembelajaran, penggunaan metode yang bervariatif dan kreatifitas guru dalam mengelola kelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Amir Maliki Abitolkha
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mafruhah, IzzatinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Manajemen Pendidikan
Keywords: Peranan; Supervisi; Kinerja Pembelajaran PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2013
Last Modified: 16 Apr 2015 06:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10639

Actions (login required)

View Item View Item