KERJASAMA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBINAAN AKHLAK TERPUJI DI SMP NEGERI 1 KRAKSAAN PROBOLINGGO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mutiah, Maritsatul (2013) KERJASAMA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBINAAN AKHLAK TERPUJI DI SMP NEGERI 1 KRAKSAAN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini hendak mengurai beberapa hal, antara lain: 1) Bagaimana pembinaan akhlak terpuji di SMP Negeri I Kraksaan Probolinggo, 2) Bagaimana Kerjasama Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dengan Guru Bimbingan Konseling (BK) Dalam Pembinaan Akhlak Terpuji di SMP Negri I Kraksaan Probolinggo, dan 3) apa faktor pendukung dan penghambat Kerjasama Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dengan Guru Bimbingan Konseling (BK) Dalam Pembinaan Akhlak Terpuji di SMP Negri I Kraksaan Probolinggo. Dalam rangka untuk mengurai praktik pembinaan akhlak yang dilakukan di sebuah lembaga pendidikan formal, peneliti melakukan proses penelitian dengan terlibat langsung di lapangan guna menangkap dan mengungkap fakta riil yang terjadi oleh sebab itu, peneliti menggunakan beberapa instrumen untuk menggali data dan informasi dari beberapa informan yang oleh peneliti berhasil dimintai keterangan maupun data. Kategori penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang mencoba untuk mendeskripsikan data-data yang diperoleh peneliti dari lapangan.
Upaya peningkatan kedisiplinan siswa di sekolah maupun di luar sekolah tentu memulainya dari bagaimana pembinaan akhlak itu dilakukan secara intensif oleh pihak sekolah terutama guru pai sekaligus sebagai teladan, juga guru bimbingan konseling sebagai pendengar dan pengarah siswa bagaimanapun bentuk dan pola pembinaannya. Maka, asumsi peneliti, diperlukan proses kerjasama antara guru pai dan guru bk agar terjadi keseimbangan antara materi keagamaan (Islam) dengan praktik pendampingan dan bimbingan yang didapatkan oleh siswa.
Berangkat dari asumsi demikian terciptanya ketertiban dan kedisiplinan siswa dapat diwujudkan melalui pembinaan akhlak terpuji terhadap siswa oleh dua bidang materi yang berbeda.
Dalam kesempatan studi ini, ada temuan-temuan menarik yang didapat peneliti. Kerjasama guru PAI dan guru BK di SMP Negeri I Kraksaan masih perlu perhatian khusus sebab, kerjasama tidak berdasarkan program dan rencana yang sistematis walaupun dalam prakteknya masing-masing pihak Guru BK dan Guru PAI kooperatif dalam melakukan pembinaan akhlak terpuji terhadap siswa SMP Negeri I Kraksaan. Betapapun demikian, praktik pembinaan akhlak terpuji di SMP Negeri I Kraksaan tidak ada kendala atau hambatan serius justru mendapatkan dukungan penuh dari kepala sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : M. Nawawi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mutiah, MaritsatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Bimbingan Konseling
Keywords: Kerjasama; Akhlak Terpuji
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2013
Last Modified: 16 Apr 2015 06:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10648

Actions (login required)

View Item View Item