PEMUDA DAN SUBORDINASI PERTANIAN STUDI PERAN PEMUDA DALAM MENGELOLA POTENSI PERTANIAN DI DESA GEDANG KULUT KECAMATAN CERME KABUPATEN GRESIIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyu, Sulstyasrini (2016) PEMUDA DAN SUBORDINASI PERTANIAN STUDI PERAN PEMUDA DALAM MENGELOLA POTENSI PERTANIAN DI DESA GEDANG KULUT KECAMATAN CERME KABUPATEN GRESIIK. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (355kB) | Preview

Abstract

Eksistensi pertanian dimata pemuda mengalami penurunan pemaknaan yang mana untuk saat ini pertanian di pandang hanya sebagai kegiatan untuk membantu orang tua saja dan bukan sebuah hal yang harus dikelolah dan dikembangkan potensinya. Untuk saat ini pemuda mengartikan pertanian bukan lagi menjadi pengerak utama perekonomian, mereka lebih mengedepankan rasionalitas untuk mempertimbangkan pilihan yang diambilnya. Ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana peran pemuda dalam mengelola potensi pertanian? 2) Mengapa pemuda desa Gedang Kulut Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik lebih memilih berkerja di sektor industri dari pada mengelola potensi pertanian?. Penelitian ini dilakukan di Desa Gedang Kulut Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Pemilihan lokasi ini dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan desa Gedang Kulut merupakan salah satu kawasan yang masih memiliki potensi pertanian yang besar namun penduduknya kebanyakan memilih sektor lain di luar sektor pertanian. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini ialah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan teori pilihan rasional untuk menganalisis peran pemuda dan subordinasi pertanian, yang mana dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa peran pemuda dalam pertanian lebih terlihat ketika masa panen saja, sedangkan dalam kegiatan pertanian saat masa menanam dan merawatnya pemuda desa tidak seberapa menunjukkan peranannya, karena pemuda saat ini lebih memperioritaskan pekerjaannya ketimbang turut serta dalam kegiatan pertanian. Dan diketahui juga dalam penelitian ini terdapat empat faktor yang mendorong pemuda lebih mensubordinasikan pertanian dan lebih memilih berkerja di sektor industri diantaranya yaitu, faktor ekonomi, faktor pola pikir faktor orang tua dan faktor geografis. Pergeseran yang terjadi pada ketertarikan pemuda dalam pertanian tidak dapat dipaksakan karena setiap orang memiliki kebebasan memilih dan setiap tindakan perseorangan mengarah pada sesuatu tujuan dan tujuan itu ditentukan oleh nilai atau pilihan yang telah dipertimbangkan menurut rasional yang dimilikinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyu, Sulstyasriniwahyusuilistyasrini@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi > Sosiologi Kota
Keywords: Pemuda; Subodinasi; Pertanian
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Sulistyasrini Wahyu
Date Deposited: 25 Aug 2016 01:24
Last Modified: 25 Aug 2016 01:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10659

Actions (login required)

View Item View Item