ELASTISITAS HUKUM ISLAM : STUDI PEMIKIRAN HUKUM YUSUF AL-QARDAWI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arofik, Slamet (2013) ELASTISITAS HUKUM ISLAM : STUDI PEMIKIRAN HUKUM YUSUF AL-QARDAWI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Salah satu hal yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah banyaknya anggapan yang muncul khusunya yang telah dilontarkan oleh orientalis bahwa hukum Islam merupakan sebuah tata aturan yang tidak memiliki relefansitas terhadap perkembangan-perkembangan yang mengemuka pada dinamika kehidupan. Hukum Islam tidak mampu mengapresiasi dan mamberikan solusi atas persoalan-persoalan yang selalu berkembang. Menurut mereka, hal itu terjadi karena hukum Islam bersumber pada dogma yang telah final, ekslusif, tidak bisa dirubah, tidak bisa diperbaharui sehingga hukum Islam stastis dan jumud.
Oleh karenanya, penulis mengangkat judul penelitian Elastisitas Hukum Islam (Studi Pemikiran Yusuf al-Qardawi dengan tujuan untuk menghapus dan memansukh anggapan yang tidak benar tersebut dengan memaparkan gagasan- serta pandangan al-Qardawi mengenai fleksibilitas atau elastisitas yang dimiliki oleh hukum Islam sehingga ia mampu bersesuaian dengan perkembangan zaman dalam segala macam situasi dan kondisi. Hukum Islam tidak kaku, statis dan stagnan akan tetapi elastis dan mampu memberi jalan keluar atas segala problematika kontemporer karena pada dasarnya ia memiliki faktor-faktor yang bisa menjadikannya elastis dan fleksibel.
Penelitian ini berupa kajian pustaka (library research) yang membutuhkan data-data kualitatif. Oleh karenanya, penulis menelaah buku-buku ataupun kitab yang telah ditulis oleh al-Qardawi, khususnya yang berkenaan dengan faktor-faktor elastisitas hukum Islam sebagai sumber primer dan data-data lain yang ditulis oleh tokoh yang berbeda sebagai sumber sekunder. Seluruh data yang diperoleh dari sumber-sumber tersebut kemudian diolah secara deskriptif-analitis dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis).
Silogisme yang diperoleh dari penelitian ini menyebutkan bahwa menurut al-Qardawi hukum Islam merupakan tatanan hukum yang fleksibel dan elastis dan selalu mampu bersesuaian dengan zaman. Hal ini disebabkan karena hukum Islam memiliki faktor-faktor yang bisa menjadikannya tidak kaku dan statis. Dengan faktor-faktor tersebut hukum Islam selalu bisa menjadi way out solution atas beragam permasalahan. Faktor-faktor yang dimaksud adalah: Pertama: luasnya keadaan/situasi yang dimaafkan (saat al-muntiqat al-afw yang sengaja tidak disebutkan oleh nas; Kedua, nas hanya memperhatikan hukum-hukum yang bersifat universal (ihtimam al-nusus bi al-ahkam al-kulliyah); Ketiga, nas menerima keberagaman penafsiran dan pemahaman (qabiliyat al-nusus li taadud al-afham); Keempat, terjaganya ha-hal yang bersifat darurat dan keadaan-keadaan tertentu (riayat al-darurat wa al-zuruf al-istithnaiyah); Kelima, perubahan fatwa disebabkan perubahan waktu, tempat, keadaan dan kebiasaan (taghayur al-fatwa bi taghayur al-azminah wa al-amkinah wa al-ahwal wa al-araf).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arofik, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: ?? El ??
Hukum Islam
Al Qur'an
Keywords: Elastisitas; Hukum Islam; al-Qardawi
Divisions: Program Magister > Hukum Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2014
Last Modified: 04 Apr 2015 03:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10850

Actions (login required)

View Item View Item