STUDY ANALISIS SISTEM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN DARUT TALIM KENJERAN SURABAYA: TINJUAN TERHADAP SOSIO KULTURAL

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jafaani, M. Heri (2013) STUDY ANALISIS SISTEM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN DARUT TALIM KENJERAN SURABAYA: TINJUAN TERHADAP SOSIO KULTURAL. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan. Sehingga pendidikanlah yang akan membentuk manusia di masa akan datang. Pendidikan merupakan suatu cara pandang masyarakat yang merefleksikan pemikiran-pemikiran dan pengalaman-pengalaman mereka dalam tindakan dan karya nyata.
Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang unik, tidak saja karena keberadannya yang sudah sangat lama, tetapi juga karena kultur, tradisi, metode dan jaringan yang diterapkan oleh lembaga agama tersebut. Selain itu pondok pesantren sebagai basis pendidikan Islam memainkan peranan penting dalam mengkonstruk masyarakat. Di sisi lain pesantren juga merupakan pendidikan yang dapat memainkan peran pemberdayaan (empowerment) dan tranformasi civil society secara efektif. Hal ini meniscayakan pengkajian tentang bagaimana keterlibatan pesantren dalam kehidupan sosial. masyarakat. Secara khusus, menganalisis strategi yang diambil pesantren dalam menghadapi budaya lokal dan penguasa formal. Sudut pandang yang dipakai adalah sosio-kultural. Hasilnya, pesantren sebagai lanjutan dari sistem pendidikan Islam.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas peneliti menemukan suatu permasalahan yang menjadi fokus masalah dalam penelitian ini, yaitu: Bagaimana Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren Salafiyah Darut Talim Kenjeran Surabaya.(Tinjuan Terhadap Sosio Kultural? Dan Bagaimana Sosio kultural kelurahan Bulak Banteng kecamatan Kenjeran kota Surabaya.
Permasalahan ini dikaji melalui pendekatan teoritis dan empiris. Penelitian mengenai sistem pendiikan ini juga menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Oleh karena itu sesuai dengan judul di atas, peneliti menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif.
Dari hasil paparan data dan analisis data, dihasilkan bahwa Sistem Pendidikan Sosio kultural di Pondok Pesantren Salafiyah Darut Talim Kenjeran Surabaya hampir sama dengan lainnya dilihat dari teknisnya yaitu sistem ataupun sosio-kultural pada umumnya. Dan hasil berikutnya adalah Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren Darut Talim Kenjeran Surabaya (Tinjuan Terhadap Sosio Kultural). yang ada dengan kelebihan dan kelemahannya sudah membudaya dipondok pesantren dan mmasyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Fauti Subhan
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jafaani, M. HeriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Prophetic Intelligence
Keywords: Sistem Pendidikan Pondok Pesantren, Sosio Kultural
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2014
Last Modified: 20 Apr 2015 02:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10855

Actions (login required)

View Item View Item