PERAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI I DRIYOREJO GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purwanto, M. Hafit (2013) PERAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI I DRIYOREJO GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

Guru memegang peran utama dalam pembangunan pendidikan, khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah. Guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar. Guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, guru harus mempunyai kompetensi, salah satunya adalah kompetensi profesional. Kompetensi profesional merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap guru dalam jenjang pendidikan apapun. Kompetensi profesional merupakan kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkanmembimbing siswa memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan.
Minat merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, karena siswa akan belajar dengan sungguh-sungguh apabila ia memiliki kemauan atau minat. Oleh karena itu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru harus mampu memberikan motivasi kepada siswa.
Guru adala profesi yang sangat mulia disisi Allah SWT. Begitu penting posisi guru dalam dunia pendidikan untuk menyiapkan generasi Islam yang berkualitas, baik dari sisi intelektual maupun religinya. Inilah dasar yang membuat peneliti tertarik untuk mengkaji skripsi dengan judul peran kompetensi profesional guru PAI dalam menumbuhkan minat belajar siswa di SMA Negeri I Driyorejo Gresik.
Yang menjadi permasalahannya adalah bagaimana peran kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan minat belajar siswa sehingga pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas mendapat respon positif dan proses belajar mengajar belajar menyenangkan dan tidak membosankan.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peran kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan minat belajar siswa di SMA Negeri I Driyorejo Gresik, dan untuk mendiskripsikan faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendorong guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa d SMA Negeri I Driyorejo Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abd. Kadir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purwanto, M. HafitUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Keywords: Kompetensi Professional Guru; Minat Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2014
Last Modified: 02 Apr 2015 04:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10864

Actions (login required)

View Item View Item