NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MITOS JAWA : STUDI KASUS DI DUSUN PILANG, DESA TEJOASRI, KECAMATAN LAREN, KABUPATEN LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Inawati (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MITOS JAWA : STUDI KASUS DI DUSUN PILANG, DESA TEJOASRI, KECAMATAN LAREN, KABUPATEN LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pustaka.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh dalam kehidupan setiap bangsa di dunia dan dalam lingkup kebudayaannya masing-masing, tiap-tiap bangsa memiliki kebiasaan hidup (adat istiadat) yang merupakan aturan tata hidupnya. Kebiasaan suku bangsa yang satu berbeda dengan suku bangsa yang lainnya.
Kebiasaan yang telah berpuluh-puluh tahun dianut oleh suatu kelompok masyarakat atau suku bangsa itu dikenal sebagai tradisi dari kelompok masyarakat atau suku bangsa bersangkutan.
Berbagai mitos masih bertahan di zaman modern ini, berbagai kepercayaankepercayaan masyarakat yang berasal dari berbagai kisah dan tindakan yang merupakan hasil perpaduan kebudayaan zaman Jawa asli, kebudayaan zaman Jawa saka (Hindu-Jawa) dan kebudayaan zaman pra Islam.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu: bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam yang ada dalam mitos Jawa di Dusun Pilang, Desa Tejoasri, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan.
Berkaitan dengan rumusan masalah tersebut, penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian deskriptif kualitatif, yang menggunakan jenis penelitian sebuah kasus. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan, fakta fakta mengenai nilai-nilai pendidikan Islam yang ada dalam mitos Jawa di Dusun Pilang, Desa Tejoasri, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan sesuai permasalahan yang diteliti.
Dalam penelitian ini, menggunakan metode observasi, interview (wawancara), serta dokumentasi sebagai data-data dalam menunjang penelitian skripsi ini. Analisis data pertama yang peneliti lakukan adalah membaca sekaligus mengkaji secara mutlak dan mendalam apakah memang ada nilai-nilai pendidikan Islam dalam mitos Jawa. Langkah yang kedua mengumpulkan data, dan langkah yang ketiga adalah menyimpulkan seluruh dari hasil penelitian. Yang menjadi obyek penelitian skripsi ini ialah masyarakat Dusun Pilang, Desa Tejoasri, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan.
Melalui teknik analisis data tersebut maka dapat diketahui bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan Islam dalam mitos Jawa, diantaranya yaitu nilai pendidikan tauhid, nilai pendidikan ibadah, dan nilai pendidikan akhlak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, InawatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Keywords: Nilai pendidikan Islam; mitos jawa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2014
Last Modified: 10 Apr 2015 06:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10873

Actions (login required)

View Item View Item