STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH DASAR IKAN KERAPU SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tyanah, Tyanah (2013) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH DASAR IKAN KERAPU SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan pendidikan agama Islam adalah cara atau langkah yang ditempuh kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam dalam lembaga pendidikan yang dipimpinnya.
Pada penelitian ini, peneliti mencari jawaban dari rumusan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana Pendidikan Agama Islam di SD Ikan Kerapu-Surabaya?
2. Bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam di SD Ikan Kerapu Surabaya?
3. Bagaimana keberhasilan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam di SD Ikan Kerapu Surabaya?
Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini adalah Untuk mengetahui kualitas Pendidikan Agama Islam di SD Ikan Kerapu Surabaya, untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan Agama Islam di SD Ikan Kerapu Surabaya, dan untuk mengetahui tingkat keberhasilan kepala sekolah dalam menerapkan strateginya di SD Ikan Kerapu Surabaya.
Berkenaan dengan hal ini maka jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, dengan tujuan untuk memperoleh data mengenai strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama islam (PAI) di Sekolah SD Ikan Kerapu Surabaya. Sedangkan dalam mengumpulkan data-datanya, penulis menggunakan 4 instrumen pengumpulan data yaitu Observasi, interview, dan dokumentasi, dan setelah data terkumpul penulis menganalisa data-data tersebut, dengan menggunakan tekhnik analisa data deskriptif kualitatif.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas pendidikan Agama Islam di SD Ikan Kerapu Surabaya masih mempunyai beberapa kelemahan dalam hal siswa putri tidak semuanya pakai jilbab, siswa masih belum bisa membaca al-Quran dengan baik dan benar dan akhlak siswa terhadap para guru dan pelaksanaan kurikulum kurang konsisten dan efektif.
Sedangkan strategi kepala sekolah SD Ikan Kerapu dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam yaitu dengan membuat strategi peningkatan profesionalisme guru, pengembangan ibadah dan pembinaan akhlak. Adapun Keberhasilan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam dapat dilihat guru lebih disiplin dalam mengajar dan mampu menerapkan metode mengajar, siswa yang memakai jilbab meningkat, siswa bisa membaca al-Quran dengan baik dan benar, siswa lebih sopan dan hormat kepada para guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abdul Kadir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tyanah, TyanahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Strategi Kepala Sekolah; Peningkatan Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2014
Last Modified: 07 Apr 2015 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10888

Actions (login required)

View Item View Item