EFEKTIVITAS PROGRAM EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM PEMBENTUKAN MORALITAS SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PURWOASRI KEDIRI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abidah, Lina Nur (2013) EFEKTIVITAS PROGRAM EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM PEMBENTUKAN MORALITAS SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PURWOASRI KEDIRI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Moralitas atau yang sering disebut dengan akhlak merupakan barometer untuk menilai kadar iman seseorang. Moralitas atau akhlak sisw dalam pendidikan islam merupakan hal yang penting untuk dibina dan dibentuk sedini mungkin, sehingga diharapkan siswa nantinya memiliki moral yang baik dalam kehidupan bermasyarakat sehingga nantinya berujung pada ketaqwaan sebagai seorang manusia kepada Tuhannya. MAN Purwoasri Kediri sebagai lembaga pendidikan islam untuk membentuk moralitas para siswanya sehingga memiliki akhlakul karimah dengan mengadakan kegiatan program ekstrakurikuler keagamaan yang bersifat wajib dan rutin diikuti oleh seluruh warga madrasah. program ekstrakurikuler keagamaan ini memberikan sangat membantu para siswa dalam meningkatkan pengetahuan agama dan pengamalan ibadah baik ibadah wajib maupun sunnah yang pada akhirnya diharapkan dapat membentuk moralitas keseluruhan pribadi para siswa, sehingga siswa mempunyai bekal yang cukup pada dirinya untuk tidak terpengaruh pada hal-hal yang negative di era globalisasi ini.
Dengan dasar tersebut penulis mengambil objek penelitian di MAN Purwoasri Kediri dengan judul Efektivitas Program Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Pembentukan Moralitas Siswa Madrasah Aliyah Negeri Purwoasri Kediri. Adapun rumusan masalah daari judul diatas adalah 1) Bagaimanakah pelaksanaan program ekstrakurikuler keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri Purwoasri Kediri?, 2) Faktor apa sajakah yang menghambat maupun mendukung program ekstrakurikuler keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri Purwoasri Kediri?, 3) Bagaimanakah efektivitas ekstrakurikuler keagamaan dalam pembentukan moralitas siswa Madrasah Aliyah Negeri Purwoasri Kediri?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, untuk mengetahui permasalahan dan mendapatkan data yang jelas maka penulis menggunakan metode observasi, interview atau wawancara, dan dokumentasi. Data bersifat kualitatif dan peneliti sebagai instrument utama.
Dari data dan hasil penelitian yang dialakukan dapat dikatakan bahwa dari program ekstrakurikuler keagamaan yang bersifat wajib dan rutin merupakan program kegiatan yang efektif dan memberikan efek atau konstribusi dalam pembentukan moralitas siswa di MAN Purwoasri Kediri. Seluruh warga madrasah ikut berpartisipasi dan melaksanakan program ekstrakurikuler keagamaan secara aktif dan memberikan dampak kualitas dari aktifitas keberagamaan di madrasah sehingga tercipta nuansa yang religius, disiplin tinggi, serta tanggungjawab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Abd. Kadir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abidah, Lina NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Perilaku
Keywords: Efektivitas; Ekstrakurikuler; Moralitas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2014
Last Modified: 04 Apr 2015 04:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10894

Actions (login required)

View Item View Item