MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PANTUN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV MI NURUL HIDAYAH AENG BEJEH KENEK BLUTO SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2012-2013

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Yudi (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PANTUN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV MI NURUL HIDAYAH AENG BEJEH KENEK BLUTO SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2012-2013. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terutama pada pembelajaran membaca pantun seperti yang tercantum dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2006 mulai diperkenalkan pada siswa sekolah dasar, pada dasarnya belum semua siswa mampu membaca dengan baik dan benar, terutama pada sekolah-sekolah yang berada di pelosok pedesaan. Hal ini sebabkan oleh karena karakteristik lingkungan dan masyarakat yang ada di daerah pedesaan yang kurang mendukung terhadap tujuan dari pendidikan itu sendiri. Dan juga model pembelajaran serta strategi belajar mengajar yang diterapkan dan digunakan oleh guru kurang bisa dipahami oleh siswa sehingga siswa sangat lambat dalam menerima materi pembelajaran terutama pembelajaran membaca pantun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV. Hal itu pula yang terjadi di Kelas IV MI Nurul Hidayah Aeng Bejeh Kenek Sumenep.
Metode demonstrasi digunakan guru untuk memperagakan atau menunjukkan suatu prosedur yang harus dilakukan peserta didik yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata saja. Metode demonstrasi diartikan sebagai cara penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada peserta didik suatu proses, situasi atau benda tertentu yag sedang dipelajari baik dalam bentuk sebenarnya maupun dalam bentuk tiruan yang dipertunjukkan oleh guru atau sumber belajar lain yang memahami atau ahli dalam topik bahasan yang harus didemonstrasikan.
Penelitian ini dilakukan di MI Nurul Hidayah Aeng Bejeh Kenek Sumenep. Dipilih tempat tersebut karena sekolah tersebut merupakan tempat dimana penulis melaksanakan tugas mengajar sehingga sedikit banyak mengetahui keadaan, kondisi dan situasi peserta didik dan sekolah tersebut.
Dengan berdasarkan hasil penelitian melalui tes kemampuan membaca pantun mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Nurul Hidayah Aeng Bejeh Kenek Sumenep Tahun Pelajaran 2012/2013 sebelum dan sesudah menggunakan metode demonstrasi, membuktikan bahwa penggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan membaca pantun mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Nurul Hidayah Aeng Bejeh Kenek Sumenep Tahun Pelajaran 2012/2013.
Penggunaan metode Demonstrasi sangat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca mata pelajaran Bahasa Indonesia, terbukti dengan menggunakan metode demonstrasi dalam membaca pantun mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MI Nurul Hidayah Aeng Bejeh Kenek Sumenep Tahun Pelajaran 2012/2013 nilai rata-rata anak meningkat dari 53,1 atau 53,1 % menjadi 78,9 atau 78,9 % dan terjadi peningkatan 25,8 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Junaedi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, YudiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: ?? P_Mbkt ??
Pendidikan > Metode
Keywords: Peningkatan; Metode Demonstrasi; Kemampuan Membaca Pantun
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2014
Last Modified: 20 Apr 2015 01:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10915

Actions (login required)

View Item View Item