PENINGKATAN KERAPIAN DALAM BERPAKAIAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN KARTU DISIPLIN KELAS V MI DARUL ULUM TAMBAKREJO KECAMATAN WARU KABUPATEN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Ismi Nur (2013) PENINGKATAN KERAPIAN DALAM BERPAKAIAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN KARTU DISIPLIN KELAS V MI DARUL ULUM TAMBAKREJO KECAMATAN WARU KABUPATEN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (939kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar bukan hanya sekedar memahami materi yang diajarkan di dalam kelas, melainkan meliputi segala perubahan kearah yang lebih baik dan dapat terjadi di mana saja. Baik di dalam sekolah maupun diluar sekolah. Untuk itu kerapian berpakaian merupakan salah satu kegiatan belajar. Kerapian merupakan salah satu aspek penilaian dalam rapor, dan masuk pada tata tertib sekolah seyogyanya mereka selalu mentaati tata tertib dan dibutuhkan suatu instrumen guna menertibkan siswa yang melakukan pelanggaran.
Manfaat berpakaian diantaranya juga menyangkut kesehatan, kesopanan, kerapian dan keindahan. Sebagai calon cendikiawan muslim diharapkan siswa Madrasah Ibtidaiyah dapat selalu menjaga dan memperhatikan kerapian berpakaian mereka.
Penelitian ini bertujuan mengupayakan peningkatan kerapian berpakaian siswa dengan menggunakan Kartu Disiplin kelas V MI Darul Ulum Tambakrejo Waru Sidoarjo. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian kelas mengenai kerapian berpakaian siswa dengan menggunakan Kartu Disiplin, yang selanjutnya mengamati kerapian berpakaian siswa dan mencatat pada Kartu Disiplin jika terjadi suatu pelanggaran dan akan dikenai sanksi sesuai poin yang diperoleh.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas observasi, wawancara, serta Kartu Disiplin. Observasi digunakan untuk mengamati tingkat kerapian berpakaian siswa. Wawancara digunakan untuk memeroleh informasi dari siswa dan guru mengenai kerapian berpakaian siswa, sedangkan Kartu Disiplin diambil untuk mengetahui tingkat pelanggaran yang terjadi. Subyek penelitian berjumlah 38 siswa, dengan perincian 22 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kualitatif yang diperoleh dari refleksi dengan menggunakan Kartu Disiplin.
Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil penelitian bahwa penggunaan Kartu Disiplin terbukti dalam meningkatkan kerapian berpakaian siswa kelas V MI Darul Ulum Tambakrejo Waru Sidoarjo. Hal tersebut diindikasikan dari pencapaian target pada siklus I rata-rata 63,2% dan siklus II rata-rata 92,5% sesuai dengan indikator kinerja, yakni 75 % siswa mampu berpenampilan rapi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Irfan Tamwifi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Ismi NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: ?? P_Dis ??
Keywords: Peningkatan Kerapian Berpakaian; Kartu Disiplin;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2014
Last Modified: 16 Apr 2015 07:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10929

Actions (login required)

View Item View Item