IDENTIFIKASI TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI TINJAU DARI GAYA BERPIKIR PADA POKOK BAHASAN OPERASI ALJABAR KELAS VIII MTs MAMBAUL MAARIF JOMBANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Hurrotu Ainir (2013) IDENTIFIKASI TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI TINJAU DARI GAYA BERPIKIR PADA POKOK BAHASAN OPERASI ALJABAR KELAS VIII MTs MAMBAUL MAARIF JOMBANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (905kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab6.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran, seorang guru mempunyai andil besar dalam pencapaian prestasi maupun pembentukan cara berpikir siswa. Metode penyampaian yang salah bisa mengakibatkan kendornya motivasi siswa dalam belajar sehingga kemampuan berpikir kritis siswa tidak terbentuk. Padahal kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang sangat penting. Dalam penyampaian matematika sebagai sarana untuk melatih kemampuan berpikir kritis diperlukan suatu metode tertentu, dimana dalam penyampaian metode tersebut juga perlu diperhatikan gaya berpikir siswa. Hal ini dikarenakan setiap siswa adalah pribadi yang unik dan masing-masing pribadi mempunyai gaya berpikir yang berbeda. Berdasarkan pemaparan di atas, peneliti mencoba mengidentifikasi tingkat kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari gaya berpikirnya pada materi operasi aljabar. Tingkat berpikir kritis dalam penelitian ini dibagi kedalam 3 level yakni level 1 (tidak kritis), level 2 (cukup kritis), dan level 3 (kritis). Sedangkan gaya berpikir yang digunakan adalah gaya berpikir menurut Anthony Gregorc yakni sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret, dan acak abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan Bagaimana tingkat kemampuan berfikir kritis siswa ditinjau dari gaya berfikir siswa pada pokok bahasan operasi aljabar kelas VIII MTs Mambaul Maarif Jombang?.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengambilan datanya menggunakan metode angket untuk mengetahui gaya berpikir siswa, metode tes untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis, dan metode wawancara untuk memperkuat data hasil dari pengumpulan data dengan menggunakan metode tes. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah 8 siswa kelas VIII MTs Mambaul Maarif Jombang yang dipilih secara acak berdasarkan tes gaya berpikir yang telah dikerjakan siswa.
Berdasarkan analisis data dari tes berpikir kritis dan wawancara disimpulkan bahwa siswa yang mempunyai gaya berpikir sekuensial konkret dan sekuensial abstrak mempunyai tingkat kemampuan berpikir kritis level 3 (kritis), siswa yang mempunyai gaya berpikir acak konkret mempunyai tingkat kemampuan berpikir kritis level 1 (tidak kritis), siswa yang mempunyai gaya berpikir acak abstrak mempunyai tingkat kemampuan berpikir kritis level 2 (cukup kritis) dan level 1 (tidak kritis).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Yuni Arrifadah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Hurrotu AinirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Berpikir Kritis; Gaya Berpikir; Operasi Aljabar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Jan 2014
Last Modified: 04 Apr 2015 04:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10937

Actions (login required)

View Item View Item