TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DALAM AL QURAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahmi, M. Nahdi (2013) TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DALAM AL QURAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pustaka.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana penafsiran surat Al Kafirun ayat 1 sampai 6 dan ayat ayat yang terkait dengan toleransi. 2. Bagaimana batasan batasan toleransi antar umat beragama.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna toleransi dalam istilah Al Quran dan juga batasan batasan toleransi beragama dalam kehidupan menurut Al Quran dari berbagai penafsiran ayat ayat yang terkait.
Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini bersifat kepustakaan atau library research dan metode Tahlili yaitu mengkaji satu ayat atau lebih yang kemudian ditafsirkan dari berbagai penafsiran penafsiran berdasarkan dengan toleransi antar umat beragama dan aplikasinya dalam kehidupan menurut ayat ayat Al Quran.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses penanaman nilai nilai toleransi beragama dalam bermasyarakat. Toleransi merupakan masalah yang aktual sepanjang masa, terlebih lagi toleransi beragama. Islam memberikan perhatian yang tinggi terhadap perlunya toleransi beragama sejak awal perkembangan Islam, baik tersurat di dalam Al-Quran maupun tersirat dalam berbagai perilaku Nabi. Aktualisasi toleransi beragama di Indonesia dipandang masih jauh dari ideal karena itu sosialisasi dan pembinaan umat beragama di Indonesia perlu terus ditingkatkan. Toleransi memang tidak semudah yang dibayangkan untuk menjalaninya, banyak tantangan dan resiko yang akan dihadapi. Dalam Al-Quran telah menunjukkan secara garis besar bagaimana dan batasan manusia dalam bertoleran antar agama yang baik. Sebagaimana yang diungkapkan dalam penelitian ini.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pertama, dalam bertoleransi harus mengerti batasan, etika, dan juga cara cara yang baik dalam bertoleransi. Kedua, ketika terjun ke dalam masyarakat harus memiliki sikap atau karakteristik yang sesuai dengan Al Quran (akhlak al karimah), berorientasi pada sesuatu yang bermanfaat dan juga memperhatikan aspek baik-buruk, dan memiliki pengetahuan yang baik dalam pengelolahannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahmi, M. NahdiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Toleransi; Umat Beragama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2014
Last Modified: 13 Apr 2015 05:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10995

Actions (login required)

View Item View Item