FAKTOR KECANTIKAN DALAM REKRUTMEN DAN PENGEMBANGAN KARIR SALES PROMOTION GIRL (SPG) DI BEBERAPA PERTOKOAN DI JL. AHMAD YANI SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hariyanti, Novi (2013) FAKTOR KECANTIKAN DALAM REKRUTMEN DAN PENGEMBANGAN KARIR SALES PROMOTION GIRL (SPG) DI BEBERAPA PERTOKOAN DI JL. AHMAD YANI SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (568kB) | Preview

Abstract

Terdapat dua fokus masalah yang dapat dikaji pada skripsi ini, yaitu: (1) Mengapa kecantikan menjadi faktor pendukung dalam rekrutmen dan pengembangan karir SPG di pertokoan di Surabaya. (2) Bagaimana pandangan para SPG di pertokoan di Jl. Ahmad Yani Surabaya tentang kecantikan dalam rekrutmen dan pengembangan karir. (3) Usaha-usaha apa yang mereka lakukan untuk memenuhi persyaratan bagi pekerjaan mereka. Tujuan dari penelitian ini yakni mengetahui mengapa kecantikan menjadi faktor pendukung dalam rekrutmen dan pengembangan karir para SPG di pertokoan di Jl. Ahmad Yani Surabaya. Selain itu bagaimana pandangan para SPG mengenai kecantikan tersebut dan bagaimana usaha-usaha yang dilakukan oleh para SPG untuk bisa tampil cantik dalam bekerja.
Untu menjawab semua itu, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sehingga data-data yang diperoleh dijelaskan secara deskriptif yang mendalam dan menyeluruh. Fenomena tentang kecantikan menjadi pendukung rekrutmen dan pengembangan karir para SPG di pertokoan Jl. Ahmad Yani Surabaya ini dapat dijelaskan secara deskriptif, dan kemudian dianalisis dengan teori konstruksi sosial miliknya Peter L. Berger.
Dari hasil penelitian ini di temukan: (1) kecantikan merupakan faktor pendukung ketika bekerja khususnya para SPG seperti, mempunyai peluang besar untuk di rekrut menjadi karyawan pertokoan tersebut, bisa mempengaruhi omzet dari penjualan produk yang di lakukan oleh SPG tersebut, untuk mendapatkan sebuah pengakuan keberadaanya di dalam lingkungannya. Dalam hal ini bisa jadi mereka adalah, pemilik toko, rekan kerja, dan juga para pengunjung atau konsumennya. (2) pandangan tentang kecantikan itu tidak hanya terdapat dari kecantikan luarnya saja. Kecantikan luar ini berupa kecantikan fisik. Melainkan juga kecantikan yang didapatkan dari dalam, seperti menunjukkan prilaku yang baik dalam melayani konsumen, kepandaian dalam komunikasi. Memiliki sifat jujur, tanggung jawab. (3) adapun usaha-usaha para SPG untuk bisa tampil cantik yaitu mematuhi aturan yang sudah di terapkan seperti bermake up, menggunakan seragam yang di peroleh dari pemilik toko. Belajar berkomunikasi yang baik. Usaha yang di lakukan itu para SPG peroleh dari belajar dengan lingkungan kerja juga bimbingan dari pemilik tokonya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Wahidah Zein Br. Siregar
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hariyanti, NoviUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi > Sosiologi Kota
Keywords: Faktor Kecantikan; Rekrutmen; Pengembangan Karir
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Sosiologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2014
Last Modified: 17 Apr 2015 06:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11034

Actions (login required)

View Item View Item