MOTIVASI BELAJAR SISWA HOMESCHOOLING KAK SETO SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahardhika, Intan RB (2013) MOTIVASI BELAJAR SISWA HOMESCHOOLING KAK SETO SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Motivasi Belajar Siswa Homeschooling. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data peneliti menggunakan teknik Triangulasi. Subyek penelitian diambil berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti, yaitu subyek merupakan siswa yang mempunyai motivasi belajar, subyek bersekolah di homeschooling Kak Seto dan bersedia menjadi subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sesuai dengan UU Sisdiknas no.20-2003 Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dan menurut pandangan negatif dari masyarakat tentang prestasi siswa homeschooling, salah satu homeschooling di Jakarta bisa membuktikan bahwa siswa homeschooling juga bisa meraih prestasi akademik dan nonakademik, dan munculnya suatu prestasi dipengaruhi oleh adanya faktor internal dan eksternal, salah satu faktor internalnya yaitu adanya motivasi belajar dari individu masing-masing.
Kedua subjek mempunyai motivasi belajar, hal tersebut dapat dilihat ketika subjek pertama menyempatkan belajar ditengah-tengah latihan golfnya, ketika subjek tidak masuk sekolah, subjek memanggil guru untuk datang ketempat latihan golf dan memberikan pelajaran kepada subjek, dan ketika di sekolah, subjek memanfaatkan waktu istirahatnya untuk belajar, karena subjek merasa belajar adalah kebutuhan yang paling utama daripada yang lainnya. Dan subjek kedua, sebelum ia bersekolah di homeschooling, ia pernah mengalami rasa trauma untuk bersekolah karena selama ia sekolah, ia selalu di ganggu oleh teman-temannya, uang saku subjek diambil secara paksa dan subjek disakiti secara fisik yaitu ditarik rambutnya, subjek sampai tidak berani masuk sekolah, dan ketika subjek pindah sekolah dan masuk ke homeschooling, motivasi belajar subjek kembali seperti dulu, ia sudah mulai mau bersosialisasi dengan teman-temannya, dan ia sudah mulai sering masuk sekolah. Guru di homeschooling tersebut mempunyai teknik-teknik pengajaran untuk selalu meningkatkan motivasi belajar siswa-siswanya. Seperti memberi hadiah, mengajak para siswa untuk belajar diluar (outing), serta memberi reward kepada siswa bila siswa tersebut bisa mempertahankan nilai yang baik selama satu semester.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: S. Khorriyatul Khotimah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahardhika, Intan RBUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: ?? Hs ??
Motivasi Belajar
Keywords: Motivasi Belajar; Siswa Homeschooling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2014
Last Modified: 21 Apr 2015 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11037

Actions (login required)

View Item View Item