PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NELAYAN OLEH KELOMPOK NELAYAN DI DESA PALANG KECAMATAN PALANG KABUPATEN TUBAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyudi, Achmad Eko (2013) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NELAYAN OLEH KELOMPOK NELAYAN DI DESA PALANG KECAMATAN PALANG KABUPATEN TUBAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (477kB) | Preview

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1). Bagaimana proses pemberdayaan masyarakat nelayan oleh kelompok nelayan Desa Palang Kecamatan Palang Kabupaten Tuban? 2). Apa faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan masyarakat nelayan oleh kelompok nelayan Desa Palang Kecamatan Palang Kabupaten Tuban?
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1). Untuk mengetahui Bagaimana pemberdayaan masyarakat nelayan yang dilakukan oleh kelompok nelayan di Desa Palang Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. 2). Untuk mengetahui hasil yang diperoleh oleh masyarakat nelayan Desa palang setelah adanya pemberdayaan yang dilakukan oleh kelompok nelayan Desa Palang Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. 3). Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kelompok nelayan dalam memberdayakan masyarakat nelayan di Desa palang Kecamatan Palanag Kabupaten Tuban.
Untuk mengindentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif diskriptif dalam menganalisis masalah.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan cara ini peneliti akan menyimpulkan / menganalisa hasil penelitian kemudian ditemukan dengan konsep-konsep teori yang telah dikembangkan oleh ilmuwan sosial.
Adapaun hasil dari penelitian ini adalah bahwa pemberdayaan masyarakat nelayan oleh kelompok nelayan Desa Palang Kecamatan Palang Kabupaten Tuban merupakan proses menjadikan masyarakat nelayan untuk lebih baik dari hari-hari sebelumnya.
Faktor pendukung pemberdayaan masyarakat nelayan oleh kelompok nelayan adalah kesiapan masyarakat, sumber daya alam dan sarana prasarana. Faktor penghambat adalah faktor eksternal seperti kelangkaan bahan bakar seperti solar, kerusakan sarana prasarana, faktor alam serta cuaca buruk.
Berdasarkan masalah dan kesimpulan tersebut, peneliti belum menjawab lebih jauh tingkat keberhasilan pemberdayaan masyarakat, namun masih dalam upaya mensejahterakan masyarakat melalui penggunaan teknologi dalam mencari ikan. Untuk itu bagi para peneliti yang kebetulan mengambil penelitian dengan tema yang sama, diharapkan ada proses kuntinuitas penelitian yang penulis teliti dalam skripsi sebagai penyempurnaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Abdul Mujib Adnan, M.Ag
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyudi, Achmad EkoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: pemberdayaan masyarakat, kelmpok nelayan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Feb 2014
Last Modified: 08 Apr 2015 01:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11078

Actions (login required)

View Item View Item