PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE LEARNING JOURNALS (JURNAL BELAJAR) PADA SISWA KELAS V MI LIWA'UL ISLAM MANTUP LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Siti Nazhirotus (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE LEARNING JOURNALS (JURNAL BELAJAR) PADA SISWA KELAS V MI LIWA'UL ISLAM MANTUP LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (998kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah siswa kurang memiliki kemampuan dalam menulis laporan disebabkan metode dan teknik pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran kurang tepat atau tidak menarik perhatian siswa sehingga hasil belajar siswa untuk topik bahasan ini sangat rendah. Dari 14 siswa, hanya 7 siswa (50%) yang berhasil mencapai KKM 70 sedangkan 7 siswa (50%) masih belum tuntas. Untuk meningkatkan kemampuan siswa tersebut, peneliti mengambil tindakan pembelajaran melalui metode pembelajaran Learning Journals (Jurnal Belajar) yang dilakukan dengan dua siklus.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran Learning Journals dalam pembelajaran menulis laporan pada siswa kelas V MI Liwa'ul Islam Mantup Lamongan. (2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis laporan siswa kelas V MI Liwa'ul Islam Mantup Lamongan setelah menggunakan metode pembelajaran Learning Journals.
Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model PTK yang digunakan yaitu model Kurt Lewin. Dimana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kualitatif di analisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan rumus nilai rata-rata dan prosentase ketuntasan belajar.....

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nadlir, M.Pd.I
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, Siti NazhirotusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Materi
Pendidikan > Metode
Keywords: Hasil belajar, metode pembelajaran Learning Journals
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Feb 2014
Last Modified: 06 Apr 2015 08:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11124

Actions (login required)

View Item View Item