KOMUNIKASI KELOMPOK KOMUNITAS ANAK VESPA SIDOARJO "KANVAS" DALAM MEMBINA SOLIDARITAS KELOMPOK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Yuli (2013) KOMUNIKASI KELOMPOK KOMUNITAS ANAK VESPA SIDOARJO "KANVAS" DALAM MEMBINA SOLIDARITAS KELOMPOK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Komunitas Vespa adalah kelompok orang yang bergabung menjadi satu karena kesamaan hobi dan kegemaran yaitu mengkoleksi dan mengendarai jenis motor antik keluaran Italia yakni Scooter yang biasa disebut vespa. Dalam komunitas vespa terkenal dengan rasa solidaritas yang tinggi. Komunitas vespa di Indonesia sangat banyak salah satunya yaitu KANVAS atau Komunitas Anak Vespa Sidoarjo. KANVAS sangat menjunjung tinggi rasa persaudaraan dan solidaritas antar anggota. Dalam hal ini peneliti meneliti komunitas anak vespa sidoarjo KANVAS .Ada dua persoalan dalam skripsi ini, yaitu (1) Bagaimana komunikasi interpersonal anggota komunitas anak vespa sidoarjo KANVAS dalam membina solidaritas kelompok?Dan (2) Bagaimana komunikasi kelompok anak vespa sidoarjo KANVAS dalam membina solidaritas kelompok?
Penelitian ini bertujuan untuk Memahami dan mendeskripsikan komunikasi interpersonal dan komunikasi kelompok komunitas anak vespa sidoarjo KANVAS dalam membina solidaritas kelompok.Penelitian ini bersifat Kualitatif- Deskriptif dengan melakukan menggunakan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara semi struktur serta observasi lapangan. Kelompok responden berjumlah tujuh orang, yang terdiri dari ketua, sekretaris, senior, dan anggota aktif.
Penelitian ini menemukan temuan-temuan sebagai berikut: (1) dengan cara bertemu kemudian berjabat tangan sebagai simbol persaudaraan mereka. Disamping berjabat tangan sebagai simbol persaudaraan antar anggota, mereka juga melakukan interaksi dengan cara sapaan ketika mereka bertemu dengan anggota lain atau pengendara vespa lain saat berkendara dijalan.(2) merupakan komunikasi kelompok kecilkarena sering sekali terjadi komunikasi langsung atau tatap muka atau dapat dikatakan bahwa terjadi hubungan informal.
Komunikasi kelompok berlangsung melalui tatap muka atau bertemu langsung dan juga melalui media komunikasi baik secara formal maupun non formal untuk menyebarkan informasi-informasi.Namun tidak ada binaan tersendiri secara khusus untuk solidaritas antar anggota.
Untuk Komunitas Anak Vespa Sidoarjo KANVASAgar tetap mempertahankan komunikasi yang sudah dijalin antar anggota agar tetap bisa solid dan dapat memajukan komunitas vespa itu sendiri. Untuk Fakultas Dakwah khususnya Prodi Ilmu Komunikasi diharapkan dapat memperkaya kajian ilmu komunikasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : M. Hamdun Sulhan
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, YuliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi Islam > Komunikasi
Keywords: Komunikasi Kelompok; Anggota Vespa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2014
Last Modified: 08 Apr 2015 02:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11153

Actions (login required)

View Item View Item