BAHASA SLANG DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR MANTAN PREMAN PASAR DI WONOKROMO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setyaningsih, Anggun Prasasti (2013) BAHASA SLANG DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR MANTAN PREMAN PASAR DI WONOKROMO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu (1) Bagaimana bahasa slang dalam komunikasi interpersonal antar mantan preman pasar Wonokromo, (2) Bagaimana proses komunikasi interpersonal antar mantan preman pasar Wonokromo.
Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode deskriptif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai bahasa slang dalam komunikasi interpersonal antar mantan preman pasar Wonokromo. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Data yang diperoleh tersebut dianalisis secara kritis dengan menggunakan jenis analisis deskriptif.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Bahasa slang yang digunakan dalam komunikasi mengalami perubahan struktur fonologis, morfologis, dan jenis makna yang terdapat dalam kosakata bahasa slang. Perubahan struktur fonologis bahasa slang mantan preman pasar Wonokromo mengalami enam perubahan, yaitu pembalikan suku kata, penggantian konsonan, penghilangan suku kata pertama, pembalikan suku kata dan penambahan suku kata, penambahan suku kata, penggantian konsonan dan penambahan suku kata. Dan proses pembentukan bahasa slang secara morfologi ada tiga proses, yaitu akronim, afiksasi, dan reduplikasi. Serta jenis makna kosakata bahasa slang terdiri dari makna denotasi dan makna konotasi. (2) Dalam proses komunikasi interpersonal antar mantan preman pasar Wonokromo terdapat tiga hal yang perlu diperhatikan yaitu: model komunikasi, isi pesan, efektivitas komunikasi. Model komunikasi interpersonal yang terjadi antar mantan preman pasar Wonokromo berlangsung secara siklular yaitu terjadinya feedback atau umpan balik, yaitu terjadinya arus dari komunikan ke komunikator, Pembicaraan yang sering dilakukan oleh mantan preman pasar Wonokromo yaitu masalah pekerjaan, dan proses komunikasi interpersonal antar mantan preman pasar Wonokromo tidak terdapat hambatan/gangguan dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa slang. Komunikasi tersebut berjalan efektif dikarenakan mereka saling memahami bahasa slang tersebut dan memiliki kesamaan profesi.
Berdasarkan dari hasil temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Bahasa slang yang digunakan dalam komunikasi mengalami perubahan struktur fonologis, morfologis, dan jenis makna yang terdapat dalam kosakata bahasa slang. Dan Proses komunikasi interpersonal yang terjadi antar mantan preman pasar Wonokromo terdapat tiga hal yang perlu diperhatikan yaitu: model komunikasi, isi pesan, efektivitas komunikasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Lilik Hamidah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setyaningsih, Anggun PrasastiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: ?? B-S ??
Komunikasi Islam > Komunikasi
Keywords: Bahasa Slang; Komunikasi Interpersonal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2014
Last Modified: 06 Apr 2015 09:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11158

Actions (login required)

View Item View Item