PROXIMITY DALAM KOMUNIKASI ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhria, Novita Ainun (2013) PROXIMITY DALAM KOMUNIKASI ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses proximity yang terjadi antara Dosen dengan Mahasiswa di Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Perbedaan status sosial dalam proximity komunikasi dan ketimpangan hubungan dalam proximity komunikasi yang menjadi fokus penelitian untuk mengetahui sejauh mana kedekatan yang terjadi antara Dosen dan Mahasiswa di Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya ini. Hubungan Dosen dengan Mahasiswa didalam maupun diluar kampus merupakan faktor yang sangat penting dalam menciptakan kedekatan di antra keduanya.
Proximity antara dosen dengan mahasiswa dapat dilihat dari sisi formal dan sisi non formal. Sisi formalnya adalah terjadi pada saat dosen menjalankan fungsi utamanya sebagai pembelajar yang harus merencanakan, melaksanakan dan menilai keberhasilan mahasiswa dalam rangka mendapatkan pengetahuan, kemahiran dan keterampilan. Sedangkan pada sisi non formalnya tugas dosen adalah membantu mahasiswa untuk mendapatkan nilai-nilai moral dan nilai-nilai sosial di luar kegiatan formal tadi, seperti menanamkan kepribadian dan jati diri mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat.
Dalam menyelesaikan persoalan diatas penulis menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan analisis deskriptif kualitatif untuk mengetahui perbedaan status sosial dalam proximity komunikasi dan ketimpangan hubungan dalam proximity komunikasi di Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Teknik pengumpulan data sendiri menggunakan wawancara serta langsung ke tempat penelitian kemudian data yang terkumpul dianalisis secara langsung untuk menghasilkan data yang peneliti inginkan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa proximity dalam komunikasi antara dosen dan mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya ini kedekatan yang terbangun adalah suasana yang akrab dan terbuka serta jarak komunikasi yang memasuki jarak informal. Akan tetapi, kedekatan Dosen dan Mahasiswa tidak secara menyeluruh, melainkan ada Mahasiswa yang begitu dekat dan akrab dengan Dosen dan terdapat pula Mahasiswa yang tidak begitu akrab dengan Dosen.
Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peningkatan kualitas keakraban antara Dosen dan Mahasiswa. Kedekatan memang baik dalam menjalin sebuah hubungan, namun Dosen juga harus memberikan batasan agar mahasiswa masih tetap memiliki rasa hormat kepada Dosen, kedekatan antara Dosen dan Mahasiswa memang harus tetap dijaga dan ditingkatkan agar dapat mengembangkan hubungan yang lebih akrab secara keseluruhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhria, Novita AinunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi Islam > Komunikasi
Keywords: Proximity; Komunikasi; Dosen; Mahasiswa.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2014
Last Modified: 08 Apr 2015 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11159

Actions (login required)

View Item View Item