NILAI-NILAI EDUKASI DALAM IKLAN TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKAROLAND BARTHES PADA IKLAN NUTRILON ROYAL 3-LIFE IS AN ADVENTURE)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susilowati, Endang (2013) NILAI-NILAI EDUKASI DALAM IKLAN TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKAROLAND BARTHES PADA IKLAN NUTRILON ROYAL 3-LIFE IS AN ADVENTURE). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Ada tiga persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana penanda (signifier) dan petanda (signified) nilai-nilai edukasi dalam iklan Nutrilon (2) Bagaimana makna penanda (signifier) dan petanda (signified) nilai-nilai edukasi dalam iklan Nutrilon Royal 3-Life Is An Adventure, (3) Bagaimana nilai-nilai edukasi dalam iklan Nutrilon Royal 3-Life Is An Adventure pada media televisi.
Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode analisis teks media dengan menggunakan teori analisis semiotik Roland Barthes yang berguna untuk memberikan data mengenai nilai-nilai edukasi iklan Nutrilon Royal 3-Life Is An Adventure pada media Televisi, kemudian data tersebut dianalisis secara kritis dengan dasar pemikiran Roland Barthes, sehingga diperoleh makna yang mendalam tentang iklan produk susu balita tersebut.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) penanda(signifier) danpetanda(signified) nilai-nilai edukasi dalam iklan Nutrilon Royal 3-Life Is An Adventure bersifat atomistis. Konsep ini melihat bahwa makna muncul ketika ada hubungan yang bersifat asosiasi atau in absentia antara yang ditandai (signified) dan yang menandai (signifier). (2) makna penanda (signifier) dan petanda (signified) nilai-nilai edukasi dalam iklan Nutrilon Royal 3- Life Is An Adventure, produseniklan menyiratkan bahwa produk mereka membantu membentuk generasi dengan jiwa yang besar dan petualang sehingga bisa menggapai cita-cita yang diinginkan.
Mengapalife is an adventure karna iklan nutrilon terbaru ini penuh dengan makna yang tersirat yang ingin memotivasi anak-anak serta ibu-ibu untuk menggapai impian dengan berpetualangan. (3) nilai-nilai edukasi iklan Nutrilon Royal 3-Life is An Adventure pada media Televisi ini sangat mengesankan bagi penikmat iklan yang menontonnya, iklan yang sangat mendidik, cocok untuk semua kalangan, di setiap slidenya mengandung makna pendidikan khususnya untuk anak-anak. Kemudian tinggal tugas orang tua saja yang membimbing anak-anak mereka melalui media tersebut.
Bertitik tolak dari penelitian ini, sedikit saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peningkatan kualitas iklan dan pengelola hendaknyalebih kreatif dalam pembuatan iklan agar penikmat iklan tidak bosan-bosan untuk menontonnya dan jadikan iklan yang dibuat sesuatu yang dapat dijadikan bahan pelajaran bagi siapapun yang menyaksikannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Yoyon Mudjiono
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susilowati, EndangUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Iklan
Keywords: Nilai-nilai Edukasi, Iklan, Analisis Semiotik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2014
Last Modified: 06 Apr 2015 09:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11164

Actions (login required)

View Item View Item