ANALISIS PENYELAMATAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PRODUK GRIYA iB HASANAH DI PT BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solikhah, Maratus (2013) ANALISIS PENYELAMATAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PRODUK GRIYA iB HASANAH DI PT BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian lapangan yang berjudul Analisis Penyelamatan Pembiayaan Bermasalah pada Produk Griya iB Hasanah di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan. Pertama, bagaimana kreteria pembiayaan bermasalah pada produk Griya iB Hasanah di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surabaya? Kedua, bagaimana mekanisme penyelamatan pembiayaan bermasalah pada produk Griya iB Hasanah di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surabaya?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan analisis data secara deskriptif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi, yang bertujuan untuk mendeskripsikan kreteria pembiayaan bermasalah dan mekanisme penyelamatan pembiayaan bermasalah pada produk Griya iB Hasanah di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surabaya. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh bahwa kreteria pembiayaan bermasalah yaitu: pertama, dalam perhatian khusus apabila terdapat tunggakan pembayaran angsuran dari 60 hari sampai dengan 90 hari. Kedua, kurang lancar yaitu apabila terdapat tunggakan pembayaran angsuran dari 90 hari sampai dengan 180 hari. Ketiga, diragukan yaitu apabila terdapat tunggakan pembayaran angsuran dari 180 hari sampai dengan 270 hari. Keempat, macet yaitu apabila terdapat tunggakan pembayaran angsuran lebih dari 270 hari. Sedangkan upaya penyelamatan yang dilakukan oleh PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surabaya bergantung pada 3 (tiga) pilar yaitu kemampuan membayar kembali, agunan, dan kredibilitas manajemen. Dari analisis pilar-pilar tersebut digunakan untuk menentukan langkah penyelamatan yang akan dilakukan. Adapun mekanisme penyelamatan pembiayaan bermasalah pada produk Griya iB Hasanah di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surabaya yaitu: pertama, penagihan secara intensif. Kedua, restrukturisasi dengan Resecheduling (penjadwalan kembali) dan Reconditioning (persyaratan kembali). Ketiga, penjualan agunan yang dilakukan oleh nasabah pembiayaan sendiri.
Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka kepada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surabaya agar lebih selektif dan professional dalam pemberian pembiayaan. Di samping itu, pihak bank juga harus melakukan pengawasan secara ketat dan continue agar dapat meminimalisir pembiayaan bermasalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: H. Abu Azam Al HAdi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solikhah, MaratusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Rupurchase Agreement
Keywords: Pembiayaan Bermasalah; Produk Griya Ib Hasanah; Bank BNI Syariah;
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2014
Last Modified: 06 Apr 2015 09:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11185

Actions (login required)

View Item View Item