PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN LABA DI KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) MANFAAT SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummamah, Fitrotun (2013) PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN LABA DI KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) MANFAAT SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan di Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) Manfaat yang berjudul Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Laba di Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) Manfaat. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dari: adakah pengaruh current ratio, debt ratio, net profit margin, ROI, ROE dan total asset turnover terhadap perubahan laba di koperasi jasa keuangan syariah (KJKS) Manfaat secara parsial maupun simultan.
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan format deskriptif yaitu bertujuan untuk menjelaskan, meringkaskan berbagai kondisi, berbagai situasi atau berbagai variabel yang timbul dimasyarakat yang menjadi obyek penelitian itu berdasarkan apa yang terjadi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu program SPSS.16 dengan pola pikir induktif.
Adapun hasil data yang dikumpulkan adalah laporan keuangan koperasi jasa keuangan syariah (KJKS) Manfaat tahun 2010-2012 berupa laporan neraca per bulan dari tahun 2010 hingga 2012, laporan L-R per bulan dari tahun 2010-2012, dan kondisi L-R KJKS Manfaat 2007-2012.
Hasil penelitian menunjukkan net profit margin berpengaruh terhadap perubahan laba secara parsial, sedangkan current ratio, debt ratio, ROI, ROE dan total asset turnover tidak berpengaruh terhadap perubahan laba secara parsial. Secara simultan menunjukkan current ratio, debt ratio, net profit margin, ROI, ROE dan total asset turnover mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perubahan laba sebesar 24,9 %. Saran yang diberikan penulis dalam penelitian ini adalah (1) Perubahan laba merupakan cerminan dari kinerja perusahaan, maka dari itu investor dan manajer hendaknya mempertimbangkan informasi yang terkait dengan kinerja keuangan perusahaan terutama Net Profit Margin. (2) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa current ratio, debt ratio, ROI, ROE dan total asset turnover tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba. Jadi pengembangan penelitian selanjutnya, agar memasukkan perhitungan unsur kredit bermasalah dan kredit macet dalam pembukuan KJKS.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Imam Buchori
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummamah, FitrotunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: ?? Mudharabah ??
Keywords: Rasio Keuangan; Perubahan Laba; Koperasi; Jasa Keuangan Syariah Manfaat;
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2014
Last Modified: 07 Apr 2015 07:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11196

Actions (login required)

View Item View Item