ANALISIS HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP SANKSI MODIFIKASI KENDARAAN BERMOTOR YANG MENYEBABKAN KECELAKAAN MENURUT UNDANG-UNDANG NO 22 TAHUN 2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anis, Fikriyah (2013) ANALISIS HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP SANKSI MODIFIKASI KENDARAAN BERMOTOR YANG MENYEBABKAN KECELAKAAN MENURUT UNDANG-UNDANG NO 22 TAHUN 2009. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Tinjauan Hukum Pidana Islam Terhadap Sanksi Modifikasi Kendaraan Bermotor Menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009. Yang dilatar belakangi oleh adanya modifikasi Kendaraan Bermotor yang tidak memenuhi Persyaratan dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 dan menyebabkan kecelakaan lalu lintas.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang datanya diperoleh dari Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. sumber data primer didapat dari undang-undang nomor 22 tahun 2009, majalah modifikasi dan PP nomor 55 tahun 2012, sumber data skunder didapat dari sumber data tidak langsung antara lain dari literatur buku-buku.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif-analitik, yaitu penelitian yang memaparkan suatu masalah tentang persyaratan teknis modifikasi dan sanksi hukum modifikasi kendaraan yang menyebabkan kecelakaan dalam undang-undang nomor 22 tahun 2009 yang dianalisis dalam hukum pidana islam memakai analisa deduktif yang diinterpretasikan dan kemudian disimpulkan.
Hasil penelitian diketahui pertama Persyaratan teknis modifikasi kendaraan bermotor dalam undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas terdapat pada pasal 49, 50, 51, 52, 54, 55. Kedua, Sanksi dalam tindak pidana pelanggaran lalu lintas khususnya dalam modifikasi kendaraan bermotor yang menyebabkan kecelakaan dalam undang- undang nomor 22 tahun 2009 dapat dikenai pasal 277 dan pasal 311 ayat 1. Dalam hukum pidana islam dikenai dengan sanksi ta zir yang hukuman takzirnya menjadi hukuman pokok.
Sejalan dengan kesimpulan diatas maka disarankan sebaiknya Pemerintah lebih meningkatkan lagi dalam mensosialisasikan Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 (UU LLAJ) khususnya dalam hal modifikasi kendaraan bermotor, Bagi aparat penegak hukum khususnya aparat yang bertugas dibidang lalu lintas penegakan hukumnya harus lebih tegas sehingga mengurangi banyaknya jumlah pelanggaran terutama mengenai pelanggaran modifikasi kendaraan bermotor yang berakibat kecelakaan, Bagi Para modifikator kendaraan bermotor sebaiknya mematuhi peraturan yang telah ditentukan dengan memperhatikan standar modifikasi kendaraan yang telah ditentukan dalam undang-undang demi keselamatan terhadap dirinya sendiri maupun orang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Syamsuri
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anis, FikriyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Keywords: Hukum pidana islam, Saksi modifiksi kendaraan bermotor, Kecelakaan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah Jinayah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2014
Last Modified: 07 Apr 2015 03:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11207

Actions (login required)

View Item View Item