TINJAUAN FIKIH JINAYAH TERHADAP SANKSI PELANGGARAN KONSERVASI TAMAN HUTAN RAYA R. SOERJO DI WILAYAH SKPPKH MOJOKERTO MENURUT UU NO 41 TAHUN 1999 TENTANG KEHUTANAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulaikhah, Zulaikhah (2013) TINJAUAN FIKIH JINAYAH TERHADAP SANKSI PELANGGARAN KONSERVASI TAMAN HUTAN RAYA R. SOERJO DI WILAYAH SKPPKH MOJOKERTO MENURUT UU NO 41 TAHUN 1999 TENTANG KEHUTANAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sekripsi yang berjudul TINJAUAN FIKIH JINAYAH TERHADAP SANKSI PELANGGARAN KONSERVASI TAMAN HUTAN RAYA R. SOERJO DI WILAYAH SKPPKH MOJOKERTO MENURUT UU NO 41 TAHUN 1999 TENTANG KEHUTANAN. Skripsi ini dimaksudkan untuk menjawab 3 (tiga) rumusan masalah: 1. Bagaiman bentuk-bentuk pelanggaran Konservasi Taman Hutan Raya R.Soerjo di Wilayah SKPPKH Mojokerto menurut UU No 41 Tahun 1999 tentang kehutanan? 2. Bagaimana sanksi Pelanggaran Konservasi Taman Hutan Raya R.Soerjo di Wilayah SKPPKH Mojokerto Menurut UU No 41 Tahun 1999 tentang kehutanan? 3. Bagaiamana perspektif fikih jinayah terhadap Sanksi Pelanggaran Konservasi Tahura R. Soerjo di Wilayah SKPPKH Mojokerto?
Skripsi ini menggunakan metode Kualitatif yang selanjutnya akan dianalisis menggunakan Deskriptif Analisis dengan pola pikir deduktif. Hasil Penelitian ini ditemukan bentuk pelanggaran konservasi di Tahura R.Soerjo diantaranya memasuki kawasan hutan, memanen atau memungut hasil hutan rebung, mengembala ternak di kawasan hutan tersebut, merusak kawasan hutan, dan penebangan kayu yang subyek pelaku pelanggaran tersebut masyarakat sekitar. Pelanggaran tersebut dijelaskan dalam pasal 50 UU No 41 Tahun 1999 tentang kehutanan. Salah satu contohnya perkara Nomor 52-Pid. B-2012-PN. Mkt. Pelanggaran Tahura R.Soerjo di wilayah SKPPKH Mojokerto yang d berikan oleh petugas berupa pembinaan dan peringatan, serta membuat surat pernyataan untuk tidak mengulanginya lagi untuk pelanggaran yang kedua kalinya. Akan tetapi, jika bukti-bukti sudah cukup maka akan langsung di serahkan ke polisi. Hukuman di berikan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku oleh pejabat yang berwenang yang tertuang dalam pasal 78 dan 79 undang-undang kehutanan.
Sanksi pelanggaran konservasi Tahura R.Soerjo dalam hukum pidana Islam belum dijelaskan, tetapi tindakan tersebut dinyatakan dalam perbuatan fasad, sanksinya di qiyaskan pada surat al-Maidah ayat 33, maka perusakan tersebut diberi sanksi berat. Sanksi pidana pelanggaran Konservasi Tahura R.Soerjo dalam hukum pidana Islam di kenai dengan hukuman ta zir karena belum mencapai nishab pencurian serta perbuatan tersebut termasuk perbuatan yang membahayakan kepentingan umum.
Hasil analisis diatas, dapat disimpulkan bahwa bentuk pelanggaran diatas termasuk pebuatan pidana. Sanksi atas pelanggaran tersebut, berupa sanksi ringan yakni peringatan dan membuat surat peryataan, selanjutnya jika tetap melanggar maka akan diserahkan ke pihak yang berwajib dan hukuman yang di dapat dari kasus di atas sesuai dengan perbuatannya, dalam hukum pidana Islam pelanggaran tersebut masuk dalam jarimah hudud dengan hukuman ta zir.
Penelitian di atas, diharapkan kasus-kasus kerusakan hutan dapat dicegah dan kasus-kasus yang telah terjadi dapat segera terselesaikan sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam undang-undang kehutanan. Serta terciptanya kepastian hukum, perlindungan hak asasi yang adil, dan tetap lestarinya alam beserta kandungan-kandungan di dalamnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Suis
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulaikhah, ZulaikhahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Fikih Jinayah; Sanksi Pelanggaran; Konservasi Tanaman Hutan R Suerjo; Skppkh Mojokerto; Kehutanan;
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah Jinayah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2014
Last Modified: 08 Apr 2015 03:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11214

Actions (login required)

View Item View Item