ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PUTUSAN PERKARA NO.882-PDT.G-2010 PA SITUBONDO TENTANG WANPRESTASI DALAM AKAD MUSYARAKAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulana, Moh. Irham (2013) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PUTUSAN PERKARA NO.882-PDT.G-2010 PA SITUBONDO TENTANG WANPRESTASI DALAM AKAD MUSYARAKAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. isi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. i.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. ii.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. iii.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. iv.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. v.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. pustaka.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan dengan judul ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PUTUSAN PERKARA NO.882-PDT.G-2010 PA SITUBONDO TENTANG WANPRESTASI DALAM AKAD MUSYARAKAH. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis Hukum Islam terhadap Implementasi perjanjian pembiayaan yang menggunakan akad musyarakah perkara No: 882-Pdt.G-2010-PA.Sit dan analisis hukum Islam terhadap keputusan hakim menolak gugatan ganti rugi immateriil pada putusan perkara wanprestasi dalam akad musyarakah Pengadilan Agama Situbondo ?
Data penelitian dihimpun melalui teknik kajian dokumen terhadap berkas-berkas yang berkaitan dengan permasalahan penelitian dan wawancara secara langsung dengan hakim yang mengadili perkara tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, untuk menggambarkan secara jelas kasus tentang sengketa Ekonomi Syariah yang terdaftar di Pengadilan Agama Situbondo dengan register perkara No: 882-Pdt.G-2010-PA.Sit dan keputusan hakim dalam memutus perkara. Lalu dianalisis dengan menggunakan pola pikir deduktif, yaitu diawali dengan mengemukakan teori umum tentang perjanjian akad pembiayaan musyarakah dan akibat hukumnya ketika terjadi wanprestasi , kemudian teori tersebut digunakan sebagai alat untuk menganalisis putusan perkara No: 882-Pdt.G-2010-PA.Sit, sehingga didapatkan suatu kesimpulan.
Hasil penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa dalam perjanjian pembiayaan pada perkara No.882-Pdt-G-2010-PA.Sit, akad yang tertulis dalam perjanjiannya adalah akad musyarakah. Namun dalam perjanjian tidak disebutkan secara jelas jenis musyarakah apa yang akan di implementasikan kedalam pembiayaan tersebut. Mengingat sigat al-aqdi yang menjadi rukun dalam akad musyarakah ketentuannya adalah tujuan akad harus jelas dan dapat difahami bersama oleh kedua belah pihak yang melakukan perjanjian. Dalam putusannya, Majelis menentukan bahwa jenis musyarakah dalam perjanjian pembiayaan ini adalah syirkah Inan (serikat modal). Berdasarkan analisis hukum Islam terhadap keputusan Pengadilan Agama Situbondo No. 882-Pdt.G-2010-PA.Sit tentang ditolaknya gugatan ganti rugi immateriil secara meteriil sudah benar karena sudah berdasarkan hukum yang ada yaitu FATWA DSN NO.43-DSN-MUI-VIII-2004 TENTANG GANTI RUGI (TA WIDH). Namun dalam mempertimbangkan Majelis tidak melihat Pasal 1246 KUHPerdata sebagai dasar pertimbangannya.
Berdasarkan kesimpulan di atas hendaknya Bagi pihak Bank (penggugat) dalam melakukan sebuah perjanjian pembiayaan dengan nasabahnya hendaknya lebih berhati-hati dan lebih jeli menentukan akad yang akan digunakan dalam perjanjian pembiayaan serta lebih mempertimbangkan resiko yang mungkin terjadi. Dalam menuliskan akad pun harus jelas bentuk dan jenis akadnya. Bagi para hakim yang menangani perkara sengketa ekonomi syariah hendaknya lebih fleksibel dan tidak mengacu pada acuan hukum yang terbatas. Sehingga pada saat mempertimbangkan sebuah gugatan ekonomi tidak terkesan kaku dan dapat menghasilkan putusan yang adil serta tidak merugikan para pihak, baik itu pihak Bank maupun pihak Nasabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Sumarkan
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulana, Moh. IrhamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Muamalat Muamalah
Keywords: Hukum Islam; Putusan Perkara; Wanprestasi; Akad Musyarakah;
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2014
Last Modified: 21 Apr 2015 04:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11235

Actions (login required)

View Item View Item