ANALISIS SADD AZ-ZARI AHTERHADAP PENGGUNAAN DANA SOSIAL SEBAGAI GANTI DENDA PADA NASABAH MAMPU YANG MENUNDA-NUNDA ANGSURAN DI BMT MANDIRI SEJAHTERA JAWA TIMUR UNIT BALONGPANGGANG GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suhrur, Aminatus (2013) ANALISIS SADD AZ-ZARI AHTERHADAP PENGGUNAAN DANA SOSIAL SEBAGAI GANTI DENDA PADA NASABAH MAMPU YANG MENUNDA-NUNDA ANGSURAN DI BMT MANDIRI SEJAHTERA JAWA TIMUR UNIT BALONGPANGGANG GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pustaka.pdf

Download (735kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan tentang ANALISIS SADD AZ-ZARI AHTERHADAP PENGGUNAAN DANA SOSIAL SEBAGAI GANTI DENDA PADA NASABAH MAMPU YANG MENUNDA-NUNDA ANGSURAN DI BMT MANDIRI SEJAHTERA JAWA TIMUR UNIT BALONGPANGGANG GRESIK. Untuk menjawab pertanyaan Bagaimana gambaran penggunaan dana sosial sebagai ganti denda pada nasabah mampu yang menunda-nunda angsuran di BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur Unit Balongpanggang Gresik dan bagaimana Analisis sadd az-zari ah terhadap penggunaan dana sosial sebagai ganti denda pada nasabah mampu yang menunda-nunda angsuran di BMT Mandiri SejahteraJawa Timur Unit Balongpanggang Gresik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pola pikir induktif, yaitu mengemukakan fakta atau kenyataan yang bersifat khusus dari hasil penelitian tentang penggunaan dana sosial sebagai ganti denda pada nasabah mampu yang menunda-nunda angsuran di BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur Unit Balongpanggang Gresik, kemudian menjelaskan teori-teori atau dalil yang bersifat umum tentang penggunaan dana sosial sebagai ganti denda pada nasabah mampu yang menunda-nunda angsuran dalam Islam, yang kemudian dianalisis menggunakan sadd az-zari ah tersebut sehingga pada akhirnya dapat ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian yang dilakukan di lapangan diperoleh hasil bahwa dana sosial selain digunakan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu juga digunakan untuk mengganti denda pada nasabah mampu yang menunda-nunda angsuran. Dalam masalah penggunaan dana sosial sebagai ganti denda pada nasabah mampu yang menunda-nunda angsuran ini seharusnya dihentikan saja. Karena dikhawatirkan jika penggunaan dana sosial ini digunakan secara terus menerus akan mengakibatkan BMT ini bangkrut. Memang pada awalnya penggunaan dana sosial ini digunakan untuk membantu yang kurang mampu dan sebagai alat yang mempermudah dalam pembukuan pada akhir tahun. Pada kasus tersebut setiap ada nasabah mampu yang menunda-nunda angsuran akan dikenakan denda dan denda itu diambilkan dari dana sosial sebagai penggantinya.
Sejalan dengan kesimpulan di atas, kasus penggunaan dana sosial sebagai ganti denda pada nasabah mampu yang menunda-nunda angsuran di BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur Unit Balongpanggang Gresik ini jika dianalisis dengan teori sadd az-zari ah maka penggunaan dana sosial sebagai ganti denda pada nasabah mampu yang menunda-nunda angsuran sebaiknya dihentikan saja karena menimbulkan banyak kemadharatan, diantaranya yaitu kebangkrutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abu Dzarrin Al-Hamidy
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suhrur, AminatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Keywords: Sad az zariah; Dana social; Denda; Nasabah; BMT mandiri sejahtera
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2014
Last Modified: 07 Apr 2015 02:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11237

Actions (login required)

View Item View Item